Gagas Program Beasiswa, Kades Sungai Gerong Ciptakan Generasi Muda Berprestasi

Pembagian Beasiswa Desa Sungai Gerong Kabupaten Lebong.

BencoolenTimes.com, – Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Gerong Kecamatan Amen Kabupaten Lebong menyalurkan beasiswa kepada siswa/siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga tingkat mahasiswa, di Kantor Balai Desa Sungai Gerong, Selasa, (12/10/2021) siang.

Penyaluran beasiswa itu merupakan bentuk kepedulian Pemdes Sungai Gerong sekaligus bentuk apresiasi kepada siswa/siswi berprestasi dan aktif di Desa. Dana yang disalurkan itu bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2021 yang diperuntukan untuk program beasiswa anak sekolah dan mahasiswa aktif.

Kepala Desa Sungai Gerong, Hesdyanto Eko Mareja,SP.,M.Ling mengatakan, beasiswa tersebut disalurkan kepada 229 siswa/siswi anak sekolah dan mahasiswa aktif yang berada di wilayah Desa Sungai Gerong, beasiswa tersebut dibagikan langsung tunai sebesar Rp 300 ribu per siswa. Dari tingkat SD sebanyak 121 orang, SMP 60 orang dan SMA 47 orang dan untuk tingkat mahasiswa ada 1 orang, kuliah jurusan kedokteran diberikan bantuan beasiswa sebesar Rp 10 juta per-tahun.

“Kami bersyukur Pemdes Sungai Gerong bisa berbagi dan peduli dengan pendidikan. Progam beasiswa ini berdasarkan dengan APBDes dan sesuai dengan aplikasi Siskeudes dan perencanaan,” kata Kades.

Kades juga menjelaskan, mengenai beasiswa Mahasiswi Fakultas Kedokteran di UNIB atasnama Ratu Keisyah, anak dari Yansasmedi yang keseharian kerja di salah satu Bengkel Las Sungai Gerong dan kuliah Ratu masuk jalur umum. Maka dibantu, sesuai kesepakatan bersama Ratu Keisya membuat surat pernyataan di atas materai bahwa tidak mendapatkan bantuan lain lagi sehingga tidak ada tumpang tindih.

“Program Desa berbentuk beasiswa ini adalah atas dukungan serta support Pemerintah Desa Sungai Gerong terhadap anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah serta yang ingin melanjutkan kuliah. Karena mereka generasi penerus kita, jadi anak-anak yang masih sekolah, mari lebih giat lagi dalam menuntut ilmu agar bisa menjadi bekal untuk masa depan dan jangan pernah takut untuk mempunyai tekad dan cita-cita yang tinggi,” ungkap Kades.

Kades menuturkan, penyaluran bantuan beasiswa ini yang kelima kalinya, terhitung sejak dirinya menjabat Kepala Desa Sungai Gerong dari tahun 2017 hingga tahun ini, untuk beasiswa tingkat mahasiswa baru tahun 2021 ini disalurkan.

“Kami berharap dengan bantuan beasiswa ini, anak-anak sekolah aktif bisa terbantu, dan bantuan digunakan dengan sebaik-baiknya,” tutur Kades.

Yansasmedi, orangtua Ratu mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Pemdes Sungai Gerong yang telah peduli terhadap dunia pendidikan khususnya bagi warga Sungai Gerong. Melalui program beasiswa ini, keluarganya sangat terbantu melanjutkan sekolah anaknya.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada kepala desa sungai gerong Eko Mareja dan pemerintah desa, dengan adanya bantuan beasiswa sebesar Rp.10 juta ini sangat membantu dan meringankan beban kami, tentu ini juga menjadi semangat dan motivasi untuk anak saya, dalam menyelesaikan kuliah kedokterannya,” ungkap Yansasmedi

Sementara itu, Camat Amen Drs. Safliluddin, M.Si sangat mengapresiasi Pemdes Sungai Gerong yang sangat peduli dengan dunia pendidikan. Menurutnya, ini upaya Pemerintah Desa untuk mendorong serta menciptakan generasi penerus yang berkualitas.

“Kami sangat apresasi dengan Pemerintah Desa Sungai Gerong yang sangat peduli dengan dunia pendidikan, apalagi program ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah yang memajukan dan menyukseskan dunia pendidikan,” terang Amen. (Aje)