MAHAKARYA KOTA TUO NAN EKSOTIK

Kawasan Wisata Baru Kota Tuo Kota Bengkulu yang masih dalam proses pengerjaan.

Warga Kota Bengkulu patut bangga. Kini telah hadir destinasi wisata baru Kota Tuo di Pasar Bengkulu. Torehan Mahakarya nan mempesona dan eksotik.

Walikota berkomitmen untuk menata Pasar Bengkulu dan mengembalikan aura kejayaan sejarah Bengkulu tempo doeloe. Bangunan yang ada sekarang baru segmen 1. Akan ada pembangunan lanjutan segmen 2 dan 3.

Pembangunan Kota Tuo hasil kolaborasi Pemkot dan Pemerintah Pusat. Didanai APBD dan APBN dalam program Kotaku. Kawasan ini nanti membentang dari jembatan Pasar Bengkulu hingga jembatan Sungai Bengkulu (Kampung Kelawi).

Setiap segmen ada tematik tersendiri. Segmen 1;  tema wisata maritim. Ada galangan kapal dimana masyarakat bisa menyaksikan proses pembuatan kapal. Ditambah fasilitas wisata dan jogging track.

Segmen 2; tema sejarah dengan merevitalisasi mesjid tuo (mesjid mujahidin). Merevitalisasi Benteng York, yang merupakan cikal bakal dibangunnya Benteng Marlborough. Merevitalisasi Dermaga lama.

Segmen 3; tema Agrowisata. Menata persawahan menjadi agrowisata dan kawasan kumuh, menjadi kawasan pemukiman yang bersih dan indah.

Pertanyaannya, bagaimana bangunan yang sudah bagus agar terawat? Maka, Jumat lalu masyarakat Pasar Bengkulu berjanji/berikrar agar menjaga dan merawat fasilitas yang ada.

View Kota Tuo ini benar-benar indah. Jika kita duduk ke arah timur, maka akan terlihat hamparan sawah yang menghijau. Jika menatap arah barat, tampak pemandangan pantai.

Ini belum selesai lho…
Tapi indahnya bukan main…

*Catatan Dewa (Dedy Wahyudi) Wakil Walikota Bengkulu.

*Kota Bengkulu, Sabtu 2 Oktober 2021.