Home Info Kota Pelabuhan Bengkulu Punya Potensi CPO 5 Juta Ton

Pelabuhan Bengkulu Punya Potensi CPO 5 Juta Ton

BencoolenTimes.Com, – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menilai pengembangan kawasan pelabuhan Pulau Baai Bengkulu dirasa sangat strategis.

Tidak hanya batu bara, jika Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berhasil dibangun di Pelabuhan Pulau Baai maka Bengkulu mampu memiliki terminal curah cair CPO sebanyak 5 juta ton per tahun.

“Kalau KEK di Pelabuhan Pulau Baai sudah terealisasi maka disana akan dibangun terminal curah cair, potensi terminal cair tersebut bisa digunakan untuk menampung CPO dimana pertahun bisa mencapai 5 juta ton,” ujar Rohidin, Kamis (4/4).

Hal tersebut tentu saja ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang notabene memiliki komoditas unggulan dibidang perkelapa sawitan.

Adapun Rohidin Mersyah sangat optimis karena secara langsung ikut meningkatkan industri hilirisasi di Provinsi Bengkulu khususnya produksi CPO dari kelapa sawit.

Ditambahkan Rohidin potensi tersebut bisa meningkatkan nilai tambah produksi komoditas di Bengkulu.

Sehingga komoditas ekspor di Bengkulu akan semakin banyak dan neraca perdagangan juga akan semakin meningkat.

“Muaranya adalah pertumbuhan ekonomi, kalau ekonomi kita meningkat maka daerah akan berkembang dan maju, dan akan ikut berdampak pada ekonomi masyarakat juga,” jelas Rohidin. (MS/ADV)