Salahgunakan Aset Negara, Kadis Pertanian Mukomuko Terancam 5 Tahun Penjara

BencoolenTimes.com, – Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Mukomuko inisial HP telah resmi ditetapkan tersangka oleh tim unit tindak pidana korupsi Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Mukomuko atas dugaan penyalahgunaan aset negara berupa dan mesin pertanian milik Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun 2019-2020.

Kapolres Mukomuko AKBP Andy Arisandi melalui Kasat Reskrim Iptu Teguh Ari Aji mengatakan, hingga sampai saat ini yang ditetapkan tersangka satu orang yaitu Kadis Pertanian Kabupaten Mukomuko.

“Satu orang yang kita tetapkan tersangka dalam perkara ini,” kata Teguh, belum lama ini.

Teguh mengungkapkan, alat tersebut bantuan dari Kementrian pusat kepada Provinsi kemudian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko mengajukan agar dapat alat. Namun setelah dapat alat itu diduga tidak digunakan sebagai mestinya untuk swasembada pangan.

“Jadi alat itu bila ada masyarakat yang membutuhkan untuk swasembada pangan maka itu boleh digunakan sesuai prosedur,” terang Teguh.

Namun alat tidak digunakan sebagaimana peruntukannya melainkan untuk mencari keuntungan pribadi. Digunakan bekerja proyek dan untuk bekerja di galian C. Berdasarkan perhitungan ahli dari jam alat itu digunakan kerugian yang dialami sebesar sebesar Rp. 83.100.000.

“Kurang lebih 277 jam alat itu digunakan, ada datanya di kita dimana alat itu hidup dan digunakan,” jelas Teguh.

Teguh menambahkan, tersangka disangkakan pasal 3 Undang Undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang Undang nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara. (Bay)

Simak Video Selengkapnya di Chanel BDTV Cacam Nian