Capaian Vaksinasi Rendah, DPRD Minta Dinas Kompak

Dempo, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu.

BencoolenTimes.com, – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu Dempo Xler menyoroti rendahnya capaian vaksinasi COVID-19 di Provinsi Bengkulu yang saat ini masih jauh dari target yang ditetapkan.

Dempo mengatakan, sulitnya capaian vaksinasi dipengaruhi stok vaksin yang masih terbatas di berbagai daerah. Tak hanya itu, belum adanya gerakan secara masif antar instansi terkait juga melatarbelakangi pelaksanaan vaksinasi.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mencatat vaksinasi untuk dosis 1 mendekati angka 50 persen di Kota Bengkulu. Sedangkan wilayah kabupaten masih di bawah 30 persen.

“Kami meminta agar lembaga dan dinas terkait segera tingkatkan koordinasi lintas sektoral. Bersama-sama menggerakan masyarakat untuk divaksin. Jangan jalan sendiri-sendiri dan setengah-setengah. Itu perlu juga gerakan serentak,” kata Dempo, Senin (11/10/2021).

Dempo menyebutkan, belum maksimalnya serbuan vaksinasi ini belum dirasakan hingga ke tingkat desa atau dusun di sembilan kabupaten. Mengingat gerakan vaksinasi massal baru dilakukan di tingkat perkotaan.

Sehingga kolaborasi antar Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan Dinas Pendidikan (Pendik), dan Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) di daerah bisa mencakup pelaksanaan vaksinasi.

“Termasuk TNI dan Polri yang bisa memback up pelaksanaan vaksinasi. Itu harus dilakukan pemerintah dimulai dari sekarang,” kata Politisi Partai Amanat Nasional ini.

Atas target itu, pihaknya berharap capaian 70 persen vaksinasi COVID-19 dosis I dan II di Provinsi Bengkulu bisa terlaksana hingga akhir Desember 2021.(PPJ)