Cari Solusi Atasi Banjir, Pemkot Tawarkan Waduk

Pemkot bersama warga berdiskusi mengatasi problem banjir

BencoolenTimes.Com, – Banjir yang sering terjadi di Kota Bengkulu, khususnya Kelurahan Tanjung Agung dan Tanjung Jaya, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berupaya mencari solusi, untuk mengatasi banjir musiman di daerah rawan banjir tersebut. Solusi yang ditawarkan, yakni membuat waduk.

“Tadi kami nawarkan solusi pembuatan waduk, untuk mengatasi permasalah banjir yang setia tahun dirasakan warga,” ujar Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, SE, MM, saat audiensi dengan perwakilan warga Tanjung Agung dan Tanjung Jaya, Senin (4/2/2019).

Sambung Dedy, untuk pembuatan waduk ini sendiri nantinya akan dibangun di tanah warga sekitar kurang lebih luas 11 hektare, namun pemerintah tidak memiliki dana untuk biaya ganti rugi lahan tersebut.

“Kita (Pemkot) serahkan kembali ke masyarakat, kita tawarkan solusi untuk mengatasi soal banjir Diterima atau tidaknya itu semua kembali ke warga. Namun bila tidak diterima jangan salahkan pemerintah terkait mengatasi masalah banjir tersebut,” ungkap Dedy.

Sementara itu, warga Tanjung Jaya, Junaidi mengatakan sepenuhnya warga mendukung program yang ditawarkan pemerintah untuk mengatasi masalah banjir. “Sepenuhnya warga setuju, namun warga masih mempertanyakan soal ganti rugi,” ujarnya.

Lanjut Junaidi, sebenarnya warga setuju dan mendukung, tadi dari pemerintah sudah memaparkan akan membuat investasi untuk masyarakat.

“Warga berharap diadakan diskusi lanjutan soal pembangunan waduk tersebut. Mungkin warga hanya belum paham aja soal investasi tersebut,” pungkas Junaidi.

Untuk diketahui, audiensi ini dibuka Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan dihadiri Wakil Walikota, Kadis PUPR, Sekwan DPRD Kota, Camat Sungai Serut serta perwakilan warga Tanjung Agung dan Tanjung Jaya. (Ros/adv)