Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Bantah Soal Pemanggilan, Ini Penjelasan KPK

Ali Fikri Juru Bicara KPK

BencoolenTimes.com, – Baru-baru ini jagat Maya Bengkulu dihebohkan dengan pemberitaan bahwa Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dimintai keterangan terkait kasus suap ekspor Lobster yang menjerat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edy Prabowo dan kawan-kawan.

Pemanggilan tersebut disampaikan langsung Plt, Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (12/1/2021) yang menyatakan bahwa Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dipanggil untuk dimintai keterangan terkait kasus suap ekspor Lobster.

“Hari ini (12/1/2021) yang bersangkutan (Rohidin Mersyah Gubernur Bengkulu) dilakukan pemeriksaan sebagai saksi Tindak Pidana Korupsi (TPK) suap oleh Penyelenggara Negara terkait dengan perizinan tambak, usaha dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020,” kata Ali Fikri melalui WhatsApp.

Disisi lain, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah membantah terkait pemanggilan yang dilakukan KPK tersebut yang disampaikan melalui rekaman suara yang beredar disejumlah Grup WhatsApp.

“Sampai hari ini tidak ada pemanggilan sama sekali ke saya, kemudian kalau ada pemberitaan bahwa hari ini saya diperiksa tanggal 12 ini, hari ini di Kantor KPK, saya di Gedung Daerah sekarang. Tentunya kita mendukung upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK, tapi sampai hari ini saya tidak ada pemanggilan dan memang tidak ada hubungan apapun dengan kasus ekspor benur yang sekarang sedang ditangani KPK,” kata Rohidin dalam rekaman yang beredar.

Mengenai bantahan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah tersebut, Ali Fikri saat dikonfirmasi ulang melalui WhatsApp menyatakan, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Suharjito (SJT) /Direktur PT Dua Putra Perkasa/DPP.

“Kasus dugaan TPK suap oleh Penyelenggara Negara terkait dengan perizinan tambak, usaha dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020 Rohidin Mersyah (Gubernur Bengkulu) dipanggil sebagai saksi untuk tersangka SJT.
Bahwa surat panggilan sebagai saksi terhadap yang bersangkutan setelah kami cek, belum diterima,” jelas Ali Fikri. (Bay)