Hari Statistik Nasional, BPS Provinsi Bengkulu Gelar Workshop Wartawan

BencoolenTimes.com, – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu menggelar Workshop Wartawan dalam rangka Hari Statistik Nasional 2019 dengan tema menuju indonesia maju dengan SDM dan data IRIO berkualitas di Grage Hotel Bengkulu.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antony, MH mengatakan sangat mengapresiasi atas kegiatan workshop wartawan ini.

“Data BPS itu sangat membantu tugas wartawan, maka sangat perlu wartawan untuk memahami dan membaca data dari BPS ini,” sampainya, Selasa (24/9/2019).

Sekarang ini, lanjutnya, wartawan sudah jarang menggali data secara mendalam dengan melakukan investigasi langsung.

“Jika ini sering dilakukan maka ini bisa menjadi pembeda dari media-media yang lainnya,” tegasnya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan workshop wartawan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kawan-kawan wartawan semua,” sampainya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu Dyah Anugrah Kuswardani, MA kegiatan seperti ini sudah dua kali dilaksanakan, dengan kegiatan ini tentu pihaknya berharap wartawan yang mengikuti workshop ini bisa memberikan edukasi dan sosialisasi soal data dari BPS.

“Dengan paham soal data dari BPS ini, wartawan nantinya bisa membuat pemberitaan dengan bahasa yang mudah dipahami dan secara mendalam, misalnya seperti bagaimana membaca data itu secara benar,” jelasnya.

Di tahun 2020, lanjutnya, ada sensus penduduk dengan cara online yang nantinya akan memadukan data milik BPS dan data milik dukcapil.

“Memang sengat berbeda dari tahun sebelumnya, tahun 2020 nanti itu sensus penduduknya secara online melalui website BPS yang akan disediakan nanti, nah kalau ada yang tidak ikut sensus penduduk secara online maka kita akan datang rumah ke rumah. Untuk sensus penduduk secara online itu dimulai bulan Februari hingga Maret 2020 dan untuk yang belum terdata itu di bulan Juli 2020 dilakukan dengan acara datang rumah ke rumah,” sampainya.

Untuk sosialisasinya ini baru tahap awal, pihaknya nanti akan melakukan sosialisasi besar-besaran soal sensus penduduk ini.

“Sementara ini kita baru memanfaatkan moment-moment seperti festival dol kemarin kita sudah mulai membagikan brosur-brosur, untuk secara masif akan dilakukan saat mendekati harinya, dan itu juga dibutuhkan kerjasamanya kawan-kawan media untuk menyosialisasikannya,” tutupnya.

Hadir sebagai narasumber workshop wartawan Kepala Subdirektorat Statistik dan Mobilitas Penduduk dan Tenaga Kerja BPS RI Dr. Edi Setiawan, MSE., MSc dengan tema materi Menuju Satu Data Penduduk. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here