Home Info Daerah Hidupkan Wisata Hutan Raya Rajolelo, Pemkab Jalin Kerja Sama dengan UNIB

Hidupkan Wisata Hutan Raya Rajolelo, Pemkab Jalin Kerja Sama dengan UNIB

Hidupkan Wisata Hutan Raya Rajolelo, Pemkab Jalin Kerja Sama dengan UNIB
Hidupkan Wisata Hutan Raya Rajolelo, Pemkab Jalin Kerja Sama dengan UNIB

BencoolenTimes.Com, – Setelah resmi dikelolah oleh Pemerintah Bengkulu Tengah (Benteng) Wisata Taman Hutan Raya Rajolelo (Tahura) saat ini dalam tahap perehaban.

Hal itu dibuktikan dengan dibangunnya beberapa fasilitas pendukung seperti, musala, toilet, jogging track dan arena bermain lainnya.

Dikonfirmasi Media Sinergi, Sekretaris Daerah Kabupaten Benteng, Edy Hermansyah menuturkan sebagai pemanfaatan fasilitas yang ada, pihak pemerintah akan membangun kembali wisata hutan raya ini.

“Jadi memang kita berharap dari sisi pemanfaatan secara umum dulu, kita ingin mengembangkan kawasan tahura ini menjadi kawasan pariwisata terpadu, lebih ke wisata alam dunia,” kata Edy, Rabu (07/8/2019).

Selain melakukan perehaban dan pembangunan fasilitas yang ada, pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan Universitas Bengkulu (UNIB) terkait pemanfaatan Wisata Tahura sebagai tempat penelitian Fakultas Pertanian.

“Makanya, dalam kesempatan ini beberapa hal yang berkenaan hal tersebut, kami mengajak pihak Rektor UNIB untuk membahas lebih terbuka apa yang akan kita lakukan dalam waktu yang tidak begitu lama. Makanya hadir Kadis Pariwisata, Kadis DLH, Kadis Perumahan dan Pertanahan disini,” sampai Edy.

“Kenapa kita hadirkan Kadis Pariwisata dan Kadis Perumahan. Karena disini ada sedikit permasalahan mengenai status lahan. Kemudian khusus untuk pariwisata dan lingkungan hidup, kita harap mereka justru bisa berkantor disini kalau dimungkinkan. Kami sudah diskusi dengan pihak UNIB, kami harap gedung yang ada disini, mohon maaf aset yang sedikit terbengkalai bisa kita manfaatkan melalui perjanjian kerja sama aset,” paparnya.

Bangunan Terbengkalai

Terpisah Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UNIB Ardilafiza didampingi Dekan Fakultas Pertanian UNIB Fahrur Rozi menuturkan dulunya Universitas Bengkulu sempat memanfaatkan “Hutan Raya Raja Lelo” sebagai kawasan penelitian Fakultas Pertanian. Bahkan, di sekitaran Taman Wisata Tahura sempat dibangun beberapa gedung pendukung yang sekarang terbengkalai.

“Dulunya kita pernah memanfaatkan Taman Wisata Tahura sebagai lokasi penelitian, tapi dikarenakan ada sedikit masalah teknis makanya gedung ini tidak dipergunakan lagi,” jelasnya.

Dengan adanya penawaran kerja sama ini, pihak UNIB sangat mendukung wacana tersebut, dan nanti akan dibahas langsung bersama pimpinan UNIB seperti apa perjanjian kerja samanya.

“Apakah pemanfaatan bersama atau perjanjian kerja sama. Biar Kabupaten Benteng yang memanfaatkan gedung ini untuk perkantoran Dinas Pariwisata dan DLH,” tutupnya. (MS)