Lebong Berubah Zona Usai Dua Warga Dinyatakan Positif Corona

Ilustrasi Covid-19

BencoolenTimes.com, – Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu tidak lagi zona hijau setelah dua orang warga dinyatakan positif terpapar Covid-19 atau virus Corona.

Sebelumnya satu warga Kecamatan Lebong Atas yang dinyatakan positif Corona dan masih menjalani perawatan di Kota Bengkulu. Lalu, giliran perempuan 41 tahun warga Kecamatan Lebong Utara yang dinyatakan positif Corona.

Usai dua warga tersebut dinyatakan positif tersebut kini Lebong terpaksa harus berubah statua dari zona hijau menjadi zona kuning. Sebelumnya Lebong adalah satu-satunya Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang mampu mempertahankan status zona hijau dikarenakan belum ada kasus positif Covid-19 di daerahnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Rachman, SKM membenarkan adanya dua warga yang dinyatakan positif berdasarkan hasil swab mandiri di tempat dua warga tersebut bekerja.

“Untuk sekarang pasien tersebut sudah isolasi mandiri dirumahnya dan disuplai obat-obatan serta dipantau tim medis,” ujar Rachman.

Rachman menegaskan suatu daerah dikatakan zona merah jika terjadi transmisi lokal dan tidak terkendali penularannya. Untuk di Kabupaten Lebong, hingga saat ini sudah tercatat ada sebanyak 6 kasus positif dan saat ini hanya tinggal 2 orang yang masih menjalani perawatan. Jika 2 orang yang sedang dirawat saat ini sembuh, status Kabupaten Lebong kembali ke hijau.

“Dalam hal ini sebelumnya kami tidak tahu terkait pasien positif ini, kami baru diberitahu setelah hasil swab keluar. Dengan itu, status Kabupaten Lebong sekarang berubah menjadi kuning. Jika 2 orang tersebut yang sedang dirawat saat ini sembuh maka status kabupaten Lebong kembali menjadi zona hijau lagi,” demikian Rachman. (Aje)