Home Info Daerah Pemilihan BPD Temiang Terancam Gagal Karena Tak Bayar Uang Pendaftaran

Pemilihan BPD Temiang Terancam Gagal Karena Tak Bayar Uang Pendaftaran

Pemilihan BPD Temiang Terancam Gagal Karena Tak Bayar Uang Pendaftaran
Pemilihan BPD Temiang Terancam Gagal Karena Tak Bayar Uang Pendaftaran

BencoolenTimes.Com, – Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Temiang, Kecamatan Pagar Jati, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), periode 2019-2024 terancam batal. Pasalnya, lima dari enam calon belum menyelesaikan administrasi pencalonan.

Data terhimpun Media Sinergi, untuk mengikuti pemilihan anggota BPD, para peserta calon diwajibkan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 3 Juta. Namun, nyatanya dari enam calon yang ada, hanya satu calon yang bersedia, lima diantaranya keberatan atas nominal yang ditetapkan panitia.

Menyikapi permasalahan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, melalui Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan, Jaka Santoso memaparkan, meskipun aturan itu sudah diatur dalam Perda, akan tetapi nominal yang ditetapkan panitia diakuinya memang terlalu tinggi. Bahkan, kata dia, kalau dihitung dari keseluruhan calon, maka uang administrasi yang didapat senilai 18 juta rupiah, dan angka tersebut melampaui anggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

“Secara aturan dibenarkan adanya uang pendaftaran. Akan tetapi, angka yang ditetapkan panitia itu terbilang tinggi, dan melampaui anggaran pemilihan kades,” ujar Jaka, Senin (02/9/2019).

Sementara itu, mengatasi permasalahan tersebut, Kecamatan Pagar Jati, tanggal 28 Agustus kemarin sudah mengirimkan surat layangan kepada panitia penyelenggara, agar menyelesaikan permasalahan yang ada. Mengingat sesuai aturan jumlah calon harus diatas jumlah yang dibutuhkan. Namun dikarenakan uang pendaftaran yang cukup tinggi, lima dari enam peserta calon dengan terpaksa mengundurkan diri.

“Anggota yang dibutuhkan lima orang dari enam calon yang ada. Dikarenakan lima orang mengundurkan diri kemungkinan pemilihan tidak bisa dilanjutkan,” pungkas Kepala Kecamatan Pagar Jati, Dailani. (MS)