Home Info Kota Pemkot dan Lanal Teken Kesepakatan Galakkan Ketahanan Pangan

Pemkot dan Lanal Teken Kesepakatan Galakkan Ketahanan Pangan

BencoolenTimes.Com, – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu yakni Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Lanal Bengkulu yakni Komandan Lanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi menandatangani nota kesepakatan di Markas Pangkalan TNI Angkatan Laut Bengkulu, Rabu (5/6/2020) sekira pukul 09.15 WIB.

Penandatanganan nota kesepakatan tersebut merupakan tindaklanjut dari instruksi Presiden RI Joko Widodo kepada Mendagri untuk diteruskan kepada seluruh kepala daerah agar ketahanan pangan menjadi salah satu fokus pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang disaksikan Sesda Kota Bengkulu Marjon dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Helmi mengatakan, sudah menjadi warning dunia tentang akan terjadi kelangkaan pangan.
Untuk antisipasi, sesuai dengan Isntruksi Presiden, maka Pemkot Bengkulu mulai melakukan kerjasama dengan Lanal Bengkulu.

“Hari ini kita mulai melakukan kerjasama, pecah kendinya di Lanal. Nanti dilanjutkan dengan pihak lain. Target kita minimal 1 juta bibit yang akan ditanam. Soal bibitnya apa ini masih akan didiskusikan dengan APH,” terang Helmi.

Helmi menyatakan, untuk anggarannya sudah tersedia sebesar Rp 2,5 miliar untuk membeli bibitnya. Karena pemerintah sangat serius dan fokus terkait ketahanan pangan. Ini menjadi perhatian Pemkot dengan Danlanal bahwa harus berbuat sesuatu.

“Salah satunya yaitu harus melakukan kerjasama yang merupakah hal penting untuk menjaga ketahanan pangan,” ucap Helmi.

Sementara, Komandan Lanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi mengatakan pihaknya juga akan mengawal penyebaran benih nantinya serta memberikan edukasi kepada masyarakat, karena pentingnya menanam tanaman bahan pokok yang cepat panen seperti ubi, jagung, dan lainnya. Minimal masyarakat bisa menanam secara mandiri agar bisa dipenuhi kebutuhan pokoknya saat terjadi kelangkaan pangan.

“Nanti kita kerjasama antara staf potensi maritim kami dengan dinas pertanian Kota Bengkulu untuk sama-sama mengedukasi masyarakat,” jelas Yustus.

Untuk diketahui, setelah melakukan penandatanganan penandatangana nota kesepahaman, dilanjutkan dengan penanaman bersama tanaman singkong di lahan Lanal Bengkulu dalam rangka pemanfaatan lahan tidur dan pekarangan di pangkalan angkatan laut Bengkulu untuk mendukung ketahanan pangan antisipasi dampak wabah Covid-19.

Rencananya, untuk lahan di pangkalan Angkatan Laut Bengkulu ada sekitar 3.200 meter persegi yang akan ditanami bibit produktif.
Dalam kesempatan itu pula Helmi memberikan tongkat kesayangannya kepada Yustus. (Bay)