Pramuka dan Peran Pentingnya di Masyarakat Menurut Dedy Wahyudi

BencoolenTimes.com, – Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menjadi Inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 59 tahun 2020 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Pemerintah Kota Bengkulu, Selasa (01/09/20).

Pada HUT Pramuka yang ke-59 tahun ini, tema yang diangkat yakni “Peran gerakan Pramuka ikut membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”. Pelaksanaan upacara ini tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan diikuti
Ketua unsur Kwartir Daerah, KAPUS DIKLATDA, MABICAB, MABIRAN, MABIGUS, Pengurus KUARCAB, Pengurus KWARAN, Pembina Pelatih dan Dewan kerja.

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi dalam amanatnya mengatakan, meskipun Gerakan Pramuka suatu organisasi pendidikan yang fokus pada pendidikan bagi anak-anak dan remaja dan bukan organisasi bantuan sosial namun gerakan Pramuka tetap aktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial bakti di masyarakat dan pembangunan masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan Kode Kehormatan Gerakan Pramuka, berupa Dwistya dan Trisatya serta Dwi Darma dan Dasa Darma Pramuka.

“Saya menekankan kepada para Pramuka agar dapat menolong sesama dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat,” kata Dedy Wahydi.

Dedy Wahyudi juga mengapresiasi para Pramuka karena senjak adanya Covid-19 di negeri ini gerakan Pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya. Dimulai dari hal-hal kecil yang dilakukan anggota pramuka sendiri dengan menjaga kebersihan tubuh, Mencuci tangan dengan sabun/menggunakan handsinitizer, menggunakan masker saat bepergian keluar rumah dan menjaga jarak saat dikeramaian.

“Selain itu, para Pramuka juga ikut berkreasi dalam pembuatan masker baik untuk diri sendiri maupun diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, membuat dan membagikan handsinitizer serta menyiapkan bantuan makanan untuk dibagikan kepada yang membutuhkan, serta aktif pula dalam penyemprotan disinfektan,” ungkap Dedy Wahyudi.

Untuk diketahui, ditingkat KWARTIR Nasional Pramuka telah membentuk satuan tugas penanggulaangan bencana dan Covid-19. Sementara untuk di jajaran KWARTIR Derah, KWARTIR Cabang, KWARTIR Ranting, sampai Gusu depan, berbagai satuan Pramuka peduli juga ikut bergerak bersama pemerintah dan masyarakat melawan wabah Covid-19 dan membantu penanggulangan benacana alam.

Bagi Gerakan Pramuka, berbagai upaya telah dilakukan selama ini juga merupakan bagian dari Bela Negara, wujud konkrit kecintaan dan pembelaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. (PP)