Prihatin Tentang Bencana Banjir dan Longsor, Ini Pesan Gubernur Bengkulu

Prihatin Tentang Bencana Banjir dan Longsor, Ini Pesan Gubernur Bengkulu
Prihatin Tentang Bencana Banjir dan Longsor, Ini Pesan Gubernur Bengkulu

BencoolenTimes.com, – Banyaknya wilayah di Provinsi Bengkulu yang terkena musibah banjir dan longsor Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menghimbau untuk menjadi perhatian bersama terutama jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu, Kabupaten/Kota se-Provinsi, para pelaku usaha, dan masyarakat Provinsi Bengkulu.

Cuaca sekarang dalam kondisi sedangkan tidak bersahabat, potensi hujan sangat tinggi, kejadian tanah longsor banyak juga terjadi di wilayah Provinsi Bengkulu.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu disampaikan pertama, Gubernur Bengkulu meminta agar semua alat berat dimobilisasi disemua titik bencana untuk segera melakukan tindakan penanggulangan sehingga jangan sampai arus lalu lintas menjadi terputus.

“Kita menyadari dengan keterbatasan alat berat yang kita miliki, maka kami minta kepada perusahaan-perusahaan perkebunan, pertambangan dan kontraktor untuk ikut berkontribusi membantu penanggulangan terutama bencana longsor yang mengakibatkan akses jalan menjadi terputus,” sampainya, Sabtu (27/4/2019).

Kemudian yang kedua, soal kejadian bencana banjir di beberapa titik di wilayah Provinsi Bengkulu baik di Kota Bengkulu, Kepahiang, Curup dan sebagainya termasuk di Bengkulu Selatan.

“Kami juga meminta kepada Dinas Sosial, BPBD, Tagana, dan Unit-unit teknis penanggulangan bencana lainnya, untuk secara bersama-sama bersinergi langsung memobilisasi tindakan penanggulangan termasuk persiapan pembangunan dapur umum jika diperlukan,” pintanya.

“Agar sekali masyarakat untuk mendapatkan perhatian yang serius dari Pemerintah ketika mereka dihadapkan dengan musibah bencana,” tambahnya.

Yang ketiga kepada masyarakat Provinsi Bengkulu, Gubernur Bengkulu meminta kehati-hatiannya, kesiapsiagaannya ketika terjadi bencana yang diutamakan adalah keselamatan jiwa agar jangan sampai bencana ini mengakibatkan korban jiwa,

“Maka jika bencana terjadi sesegara mungkin yang paling utama diselamatkan adalah masyarakat kita, sekali kepada semua pihak mohon dukungannya, kita secara bersama-sama untuk memantau melakukan upaya penanggulangan dan penanganan terhadap bencana yang terjadi di Provinsi Bengkulu dan kejadiannya hampir merata sekali lagi ini menjadi perhatian kita bersama,” tutupnya. (BT/MS)