Home Info Daerah UNIB Setuju Disparbud Benteng Pinjam Aset di Tahura

UNIB Setuju Disparbud Benteng Pinjam Aset di Tahura

UNIB Setuju Disparbud Benteng Pinjam Aset di Tahura
UNIB Setuju Disparbud Benteng Pinjam Aset di Tahura

BencoolenTimes.Com, – Universitas Bengkulu akhirnya menyetujui pemakaian aset di lokasi Taman Hutan Rajo Lelo (Tahura) untuk digunakan oleh Pemkab Benteng sebagai kantor bagi dua OPD seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Benteng.

Hal ini menindaklanjuti hasil peninjauan dilapangan minggu lalu, serta diikuti pertemuan dengan pihak UNIB.

“Pemkab Benteng akan menjadikan aset yang tidak digunakan untuk memperlancar kegiatan terutama bagi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Benteng,” terang Sekda Benteng, Edy Hermansyah, Ph.D, Kamis (15/08/2019).

Edy menjelaskan, untuk ketentuan kerja sama yang telah disepakati, Pemkab Benteng diberikan waktu selama lima tahun kedepan untuk bisa menggunakan aset tersebut. Setelah itu akan dikoordinasikan kembali untuk tindaklanjut lainnya.

Untuk saat ini, Pemkab Benteng sedang mempersiapkan terutama untuk perbaikan aset yang sudah ditinggal sejak 2004 lalu. Karena, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Benteng ditargetkan sudah bisa berkantor di lokasi Tahura tersebut per 1 Januari 2020.

Terpisah Pelaksana tugas (Plt) Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Benteng, Gunawan Wibisana Rifki, S.ST., MH mengaku pihaknya siap berkantor di lokasi Tahura sesuai dengan hasil kesepakatan bersama UNIB dan Pemkab Benteng. Memang beberapa sarana untuk menunjang Tahura supaya bisa menjadi salah satu pusat kunjungan di Provinsi Bengkulu, saat ini sedang dalam tahap pembangunan.

Gunawan memastikan, aset UNIB berupa gedung dilokasi Tahura yang sudah cukup lama ditinggalkan bisa diperbaiki dalam waktu dekat dan bisa dimanfaatkan terutama untuk menunjang kegiatan OPDnya dalam memajukan Tahura. Karena, diakui Gunawan, dengan dukungan sarana yang sudah mulai dibangun, pihaknya optimis Tahura bisa lebih maju dan menjadi pusat percontohan baik itu untuk wisata, ataupun pusat penelitian untuk pendidikan bagi berbagai kalangan.

“Perlu keseriusan agar aset di Tahura bisa memberikan banyak manfaat,” demikian Gunawan. (MS)