asd
Thursday, July 25, 2024
spot_img

1.5 Ton Ikan Lele Ditebar, Ratusan Warga Lomba Mancing

BencoolenTimes.com, – Ratusan warga Lempuing Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu ikut lomba mancing ikan lele di Sungai Lempuing, Kamis (17/8/2023).

Lomba mancing ini diselenggarakan Bujang Gadis Lempuing dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI. Dengan menebar sebanyak 1.5 ton ikan lele di sungai Lempuing.

Ketua RT 12 Kelurahan Lempuing, Hanafi mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan lomba mancing ini diinisiasi Bujang Gadis Lempuing dengan dibantu warga sekitar. Sedangkan bantuan ikan lele sendiri dapat sumbangan dari warga Lempuing bapak Soni.

“Jadi, peserta mancing tadi membludak dengan jumlah peserta sebanyak 800 orang. Sehingga lomba pun terpaksa dibagi menjadi 3 sesi, dari pagi hingga sore tadi,” papar Hanafi.

Untuk pemenang lomba mancing ikan lele dihitung dari hasil tangkapan terbanyak dan peserta diperbolehkan membawa pulang tangkapnya sekaligus mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

“Jadi, peserta diperbolehkan membawa pulang hasil tangkapan. Dan diperkirakan hanya sekitar 500 kg yang didapat peserta, sedangkan sisanya belum tertangkap,” bebernya.

Dia menyebut, hingga malam ini masih banyak warga yang memancing di sungai tempat ditebarkan ikan lele.

“Kalau tidak percaya boleh datang ke sungai Lempuing sekarang. Kita masih mancing ikan,” serunya.

Diketahui, awalnya sungai tersebut sangat kotor dipenuhi sampah dan dipenuhi rawa yang menyebabkan pendangkalan sungai. Lalu, warga berinisiatif melakukan gotong royong membersihkan sungai dengan dibantu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Bengkulu, sehingga akhirnya bisa dipakai pelaksanaan lomba memancing.

“Sungai sekarang sudah bersih dari sampah-sampah plastik dan tidak dangkal lagi,” pungkasnya. (JRS)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!