asd
Saturday, July 20, 2024
spot_img

11,48 Ha Sawah di Desa Suka Damai Proses Pengolahan

BencoolenTimes.com – Sebanyak 13,48 hektare (Ha) sawah di Desa Suka Damai Kecamatan Lebong Tengah mengikuti program Musim Tanam Dua (MT2) tahun 2023. Bahkan saat ini 11,48 Ha sawah sudah dalam proses pengolahan atau penggarapan. Ini disampaikan Pjs. Kepala Desa (Kades) Suka Damai Kecamatan Lebong Tengah, Gunawan Gustari.

Dijelaskan Gun, sapaan akrab Kades Suka Damai ini, dari total 13,48 hektare yang dilakukan pengolahan, 2 Ha diantaranya sempat diserang hama tikus beberapa waktu lalu. Namun saat ini 11, 48 Ha sawah lainnya aman dan masih terus dilakukan pengolahan oleh para petani yang ikut MT2.

‘’Yang diserang hama ada 2 hektare dan 11,48 Ha lainnya masih terus berjalan proses penggarapannya. Kami sudah berupaya siang malam agar bisa terhindar dari serangan hama tikus, namun takdir alam kenyataannya masih ada yang diserang. Kita akan berupaya lahan sawah yang masih proses penggarapan ini bisa terhindar dari serangan hama tikus,’’ ucap Gun.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong Hedi Parindo melalui Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Jimmy Tri Susilo mengimbau kepada selutu petani yang ikut program MT2 untuk bisa mengikuti jadwal dan tahapan yang diberikan. Karena jadwal dan tahapan tersebut sudah dipertimbangkan secara teknis.

‘’Jadwal dan tahapan untuk MT2 ini sudah kita buat, sehingga disarankan bisa diikuti oleh petani. Karena ini sudah ada pertimbangan teknis, termasuk untuk antisipasi potensi serangan hama tikus. Namun memang kemungkinan ada yang duluan tanam tidak mengikuti jadwal, karena semangat ingin mensukseskan program MT2,’’ papar Jimmy.

Ditambahkan Jimmy, selain mengimbau petani untuk mengikuti jadwal dan tahapan yang sudah ditentukan, mereka juga akan mendampingi secara rutin para petani di lapangan.

“Kita melakukan pendampingan agar jika ada kendala teknis dalam program MT2 ini, bisa langsung dicarikan solusinya,’’ imbuh Jimmy. (OIL)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!