Tuesday, June 25, 2024
spot_img

Berikut 10 Ketua OSIS Terpilih Penerima Program Beasiswa Bengkulu Leadership 2023

BencoolenTimes.com, – Pemerintah Provinsi Bengkulu segera mengirimkan 10 siswa hasil seleksi ketua OSIS SMA/SMK/Madrasah se Provinsi Bengkulu, melalui program Beasiswa Bengkulu Leadership 2023 ke beberapa kampus ternama di Indonesia.

Gubernur Rohidin Mersyah menjelaskan bahwa program ini hasil kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, setelah diseleksi terpilih 10 orang untuk dikirim dan mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah.

“Program ini sudah diinisiasi sejak tahun lalu, sehingga prosesnya melalui mekanisme seleksi yang sangat ketat. Jadi, nantinya ada hak dan kewajiban Pemerintah Daerah dan penerima beasiswa,” jelas Rohidin usai menyerahkan beasiswa Bengkulu Leadership di ruang rapat lantai III Pemprov Bengkulu, (24/7/2023).

Lanjut Rohidin, Pemda memberikan hak kepada penerima beasiswa, di antaranya biaya pendidikan yang semua biayanya langsung disetor ke pihak kampus dalam bentuk biaya pendidikan. Untuk 10 penerima beasiswa ini, sudah teranggarkan melalui APBD dan jika ditotal hingga siswa menyelesaikan pendidikan mencapai sebesar 1,7 milliar rupiah.

Baca Juga  Pemprov Bengkulu Raih WTP 7 Kali Berturut-turut di Era Gubernur Rohidin

“Bentuknya (Beasiswa) nanti akan diberikan sekaligus sampai penerima beasiswa lulus, supaya nanti tidak ada lagi pembebanan berikutnya. Jadi, misal ada uang pangkal, uang bangunan hingga uang semesternya nilainya bisa mencapai ratusan juta. Kemudian, ada biaya hidup sebesar satu juta rupiah perbulan/orang akan dikalikan 48 bulan atau 8 semester. Itu hak yang akan mereka terima,” terangnya.

“Kemudian, kewajiban penerima yaitu, penerima beasiswa harus menyelesaikan studi dengan baik (tepat waktu 48 bulan), dan punya prestasi. Jika nanti tidak bisa menyelesaikan studi sesuai dengan waktu yang ditentukan maka yang bersangkutan harus mengeluarkan biaya sendiri,” ungkapnya.

“Jika yang bersangkutan terkena Drop Out (DO), maka yang bersangkutan harus mengembalikan uang yang sudah diterima untuk dikembalikan ke kas daerah karena dianggap gagal menjalankan program ini,” sambungnya.

“Jadi nanti akan dibuat perjanjian kerja antara mahasiswa dan pemerintah daerah diketahui oleh orang tua masing-masing. Di sinilah cara mendidik anak-anak kita, tidak hanya meraih prestasi akademik di kampus namun perlu berlatih tanggung jawab, bersosialisasi dengan baik di kampus guna meraih prestasi,” tegas Rohidin.

Baca Juga  Gubernur Bengkulu Sampaikan Nota Pertanggungjawaban APBD 2023

Sementara itu, salah satu penerima beasiswa atas nama M. Thio Redho Mas’ud Sutrijanto asal sekolah MANA IC Bengkulu Tengah mengungkapkan dirinya sangat bersyukur meraih kesempatan mendapatkan beasiswa guna melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi di S1 Teknik Industri di Universitas Gadjah Mada.

“Tentu saya akan memanfatkan momen ini dengan baik, dan tentunya rasa terima kasih, kepada orang tua atas dukungannya sehingga saya bisa mendapatkan program beasiswa inisiasi bapak Gubernur Rohidin Mersyah. Semoga dengan doa dan dukungan yang diberikan, saya bisa menyelesaikan pendidikan guna mewujudkan cita-cita ke depan,” ucap Redho. (RLS/JRS)

Berikut nama-nama penerima beasiswa Bengkulu Leadership Program tahun 2023:

Baca Juga  Buka Bulan Merdeka Belajar, Gubernur Rohidin Pesankan Ini

1. M. Thio Redho Mas’ud Sutrijanto asal sekolah MANA IC Bengkulu Tengah, diterima di Teknik Industri Universitas Gadjah Mada,
2. Ghanianda Wafiqariah asal sekolah SMA IT IQRA kota Bengkulu, diterima di Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor,
3. Ramadhan Catur Pratama, asal sekolah MAN 1 kota Bengkulu, diterima di Teknik Industri Pertanian Institut Pertanian Bogor,
4. Muhammad Ilham Rajo Sikumbang, asal sekolah SMKN 6 kota Bengkulu, diterima di Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada,
5. Hukama Yuda Pambudi, asal sekolah SMAN 10 Kaur, diterima di Agribisnis Institut Pertanian Bogor,
6. Cecelia Rinti Monica, asal sekolah SMKN 2 Bengkulu Utara, diterima di Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada,
7. Filda Alvian Adhita, asal sekolah SMAN 4 Kepahiang, diterima di Teknik Elektro Universitas Bengkulu,
8. Zakiyyah Salsabilah Nadyah Putri, asal sekolah SMAN 8 kota Bengkulu, diterima di Manajemen Universitas Bengkulu,
9. Kenaliova Perbadiwana, asal sekolah SMAN 5 Bengkulu Selatan.

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!