Debat Terbuka, Ini Visi-Misi 4 Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lebong

Debat Terbuka Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu

BencoolenTimes.com, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menggelar debat terbuka kandidat empat Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lebong di Gedung serbaguna Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong, Sabtu (30/10/2020).

Seluruh Paslon hadir dalam debat diantaranya, Paslon nomor urut 1 Dalhadi Umar-Wawan Fernandez, Paslon nomor urut 2 Armansyah Mursalin-Masropen Iriadi.

Lalu Paslon nomor urut 3 Kopli Ansori-Fahrurrozi dan Paslon nomor urur 4 Teguh REP-Nasirwan Toha.

Keempat Paslon ini visi-misi-nya ingin mensejahterakan rakyat lewat sektor pertanian dan pertambangan yang memang menjadi sumber penghasilan masyarakat Lebong saat ini.

Pemaparan visi-misi diawali oleh Paslon nomor urut 1 Dalhadi Umar-Wawan Fernandez. Visi-Misi-nya yaitu meningkatkan pertanian dan pertambangan di Lebong agar taraf perekonomian dan pendapatan masyarakat mengalami peningkatan yang akan dimulai dati memperbaiki pelayanan publik yang selama ini masih menjadi persoalan masyarakat Lebong.

“Itu yang akan kami perbaiki terlebih dahulu sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal untuk semua bidang,” katanya.

Selain itu jika terpilih mereka akan mencabut peraturan-peraturan atau regulasi yang tak sepihak dengan masyarakat Lebong, lalu mengubahnya regulasi itu agar masyarakat Lebong mendapatkan pelayanan yang maksimal.

“Sehingga terwujdnya masyarakat yang beriman, bertakwa, berkualitas, mandiri adil dan makmur,” tuturnya.

Pemaparan visi-misi dilanjutkan Paslon nomor urut 2 Armansyah Mursalin-Masropen Iriadi. Mereka mengungkapkan Kabupaten Lebong memiliki kekayaan alam melimpah, namun  belum tergali secara maksimal seperti pertambangan emas rakyat yang tersebar termasuk di lingkungan hutan lindung. Oleh karena itu mereka akan membangun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang nantinya bisa memfasilitasi rakyat supaya bisa bekerja dengan aman, tertib dan tidak melanggar aturan.

“Masyarakat kita harus dilindungi dari segala aspek. Untuk masalah pertanian, selama ini hasil pertanian terutama gabah padi masih banyak dibawa ke luar daerah, sehingga perlu adanya Peraturan Daerah (Perda) pengaturan BUMD yang mengelola, sehingga bukan lagi gabah yang dijual keluar kabupaten Lebong.
Tetapi semua itu harus sinkron pastinya berpihak dengan masyarakat petani,” bebernya.

Sementara, visi-misi yang dipaparkan Paslon nomor urut 3 Kopli Ansori-Fahrurrozi sedikit berbeda, mereka merujuk pada tingginya angka pengangguran yang merupakan salah satu sebab tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Lebong. Mengatasi persoalan ini mereka akan menciptakan 3000 lapangan pekerjaan, mendidik dan membina 3000 wirausha muda serta menggelontorkan dana sebesar Rp 3 miliar setiap Kecamatan.

“Ini dilakukan untuk meningkatkan Usaha Mikri Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lebong,” urainya.

Masalah pertambangan, Paslon nomor urut 3 ini akan merevisi izin usaha pertambangan digunakan selama ini dan mereka akan merekomendasikan 3 izin pertambangan rakyat di Kabupaten Lebong.

“Termasuk juga masalah pertanian yang memang salah satu penghasilan masyarakat Lebong yang akan terus ditingkatkan sehingga terwujudnya masyarakat Bahagia dan sejahtera,” bebernya.

Pemaparan program terakhir disampaikan oleh Paslon nomor urur 4 Teguh REP-Nasirwan Toha, jika terpilih mereka lebih dulu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lebong yang saat ini masih diangka 66,4 yang notabenya belum memenuhi standar dam belum bisa menyaingi IPM Provinsi Bengkulu.

“Untuk meningkatkan IPM maka kita harus meningkatkan perekonomian baik dibidang pertanian maupun pertambangan,” jelasnya.

Untuk itulah, terlebih dahulu masyarakat Lebong harus diakui dan dilindungi tentang keberadaannya, menjawab hak-hak tredisional, menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Ini merupakan peran dari pemerintah daerah untuk menjawabnya terutama dibidang ekonomi, dengan meningkatnya perekonomian, maka nantinya akan meningkat juga dibidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi fokus kami,” tukasnya. (Aje)