Tuesday, June 25, 2024
spot_img

Gempa Darat Goyang Bengkulu

BencoolenTimes.com, – Bengkulu kembali digoyang gempa bumi. Gempa bumi tektonik M3,7 dirasakan di Bengkulu Tengah.

Berdasarkan pemberitahuan dari BMKG, kejadian dan Parameter Gempa bumi Selasa, 04 Juli 2023 pukul 20:57:01 WIB, terjadi di wilayah Bengkulu Tengah dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik.

“Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,7. Episenter terletak pada koordinat 3.87 LS dan 102.38 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km BaratDaya BENGKULUTENGAH pada kedalaman 6 Km,” tulis BMKG dalam informasinya.

Baca Juga  Bayi Perempuan Diduga Dibuang Orangtuanya di Depan Gudang Bulog

Jenis dan Mekanisme Gempabumi yaitu dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

Dampak Gempa Bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kota Bengkulu, dan Kepahiang dengan Skala Intensitas II – III MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang – Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Baca Juga  Selebgram Cantik Terjerat Arisan Bodong Rejang Lebong

“Hingga pukul 21:15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” demikian BMKG. (BAY)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!