Home Info Daerah Hati-hati, Bengkulu Sudah 3 Kali Gempa

Hati-hati, Bengkulu Sudah 3 Kali Gempa

BencoolenTimes.Com, – Warga Bengkulu patut hati-hati, guncang gempa sudah 3 kali terjadi hanya dalam kurun waktu tak sampai 1 jam. Terbaru, goncangan ketiga mencapai 5,2 SR terjadi Sabtu (2/2/2019) pukul 17.58 WIB.

Berdasarkan akun resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ketiga terjadi di 105 Km Tenggara Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, kedalaman 24 Km.

“Iya barusan gempa lagi. Terasa di sini, di Lais Bengkulu Utara,” kata Eko, via pesan WhatsApp kepada bencoolentimes.com.

Di Kota Bengkulu, goncangan ketiga terasa kecil. Bahkan ada yang tidak merasakan sama sekali. “Ada goncangan kecil, saya terasa. Tapi teman-teman yang lain katanya tidak terasa,” ungkap Dayat, yang sedang nongkrong bersama teman-temannya di Pintu Batu, Kota Bengkulu.

Kepala BMKG Provinsi Bengkulu, Kukuh Rubudianto membenarkan adanya gempa tersebut, “Iya hari ini beberapakali goncangan. Di Bengkulu ada yang terasa,” ungkap Kukuh kepada bencoolentimes.com.

Sayangnya, saat ditanya lebih lanjut, telepon bencoolentimes.com ke Kukuh terputus. Hingga berita ini dilansir, media ini terus coba menghubungi Kukuh.

Sebelumnya, gempa juga terjadi di Mentawai mencapai 5,3 dan 6 SR. Hanya kurun waktu tidak sampai 30 menit, dua kali goncangan terjadi Sabtu (2/2/2019) pukul 16.03 WIB dan 16.27 WIB.

Gempa hanya dirasakan di Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Utara. Namun di Kota Bengkulu, goncangan gempa itu tidak terasa.

Dikutip bencoolentimes.com dari akun resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama berkekuatan 5,3 SR pada pukul 16.03 WIB. Pusat gempa di laut 106 Km Tenggara Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, di kedalaman 10 Km. BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa kedua 6 SR pukul 16.27 WIB di laut Tenggara kedalaman 117 Km di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, kedalaman 17 Km.

“Lumayan besar gempanya. Sampai 6 SR. Di sini, di Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, terasa goncangannya. Makanya kok di Kota Bengkulu gak terasa ya,” kata Eko kepada media bencoolentimes.com via WhatsApp.

Gempa juga dirasakan Tejo, juga warga Kabupaten Bengkulu Utara. “Pasti banyak yang bikin status gempa,” ungkap Tejo di akun Facebook miliknya.(Ros)