asd
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Ikut Latihan Bela Negara, Perangkat Desa Lebong Disemangati Bupati

BencoolenTimes.com – Sebanyak 83 orang perangkat desa dari Kabupaten Lebong mengikuti kegiatan pelatihan bela negara di Dodik Bela Negara Rindam III Siliwangi. Saat kegiatan pembukaan, mereka di semangati langsung Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lebong Reko Haryanto.

Diungkapkan Bupati Kopli, para perangkat desa memang sangat membutuhkan pelatihan bela negara. Terutama dari sisi kelembagaan pemerintah desa yang dipimpin oleh Kepala Desa yang memiliki aspek kehidupan sangat luas mencakup tupoksi Kepala Desa. Sehingga bisa mendapat materi terkait pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

‘’Dengan materi-materi dari pelatihan ini nantinya, diharapkan bisa diwujudkan penerapan aplikasinya dalam upaya mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera secara merata diseluruh wilayah Desa,’’ ungkap Bupati Kopli.

Bupati Kopli beri semangat saat pembukaan kegiatan pelatihan bela negara di Dodik Bela Negara Rindam III Siliwangi.

Apalagi, sambung Bupati Kopli, desa merupakan bagian dan ujung tombak, serta tumpuan, sendi dari bangsa dan negara. ‘’Prototipe negara kita adalah desa. Jika desa bagus, makmur, mandiri dan berswasembada maka negara dan bangsa akan maju lebih pesat. Wawasan kebangsaan itu penting. Ideologi Pancasila dan UUD harus kuat untuk menangkal ideologi radikal yang berbahaya seperti terorisme,’’ sambung Bupati Kopli.

Dilanjutkan Bupati Kopli, untuk itulah pendidikan bela negara yang dilaksanakan selama tiga hari ini, memang dipandang relevan dan strategis. Di samping untuk pembinaan pertahanan negara juga berguna untuk meningkatkan pemahaman dan penanaman jiwa patriotisme dan cinta tanah air. Selain itu, tambah Bupati Kopli, tugas yang diemban kepala desa cukup berat, terutama sebagai motor penggerak di desa.

‘’Sehingga kapasitas dan kemampuan Kepala Desa terutama mereka yang baru terpilih diawal masa jabatan, perlu ditingkatkan melalui pelatihan bela negara ini. Agar terciptanya kepala desa yang berkualitas dan mampu membawa desa maju dan mandiri,’’ demikian Kopli. (OIL)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!