Karnaval Batik Besurek Meriah

BencoolenTimes.Com, – Masyarakat Bengkulu memenuhi Simpang Lima Ratu Samban, Kota Bengkulu, Sabtu (9/11/2019).

Menggunakan kain batik besurek, masyarakat memadati event Karnaval Batik Besurek yang digelar setiap tahun.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, tampak hadir bersama tamu undangan lainnya.

“Kita sosialisasikan batik khas Bengkulu ini. Karnaval ini adalah panggung besar yang difasilitasi oleh Pemerintah untuk pengrajin batik besurek di Bengkulu,” kata Walikota.

“Semakin sering dibuatkan panggung seperti ini, harapannya pengrajin semakin handal dan mampu berkompetisi di pasar nasional maupun internasional. Sehingga Batik Besurek lebih familiar dikenal masyarakat luas,” lanjut Walikota.

Helmi Hasan juga mengimbau masyarakat cinta dan bangga terhadap produk lokal, batik kain besurek.

“Hari ini kita lihat anak-anak pelajar mengikuti pawai karnaval batik besurek dengan menggunakan seragam batik besurek. Ini untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap produk batik besurek dari anak usia dini. Mari kita cinta dan bangga terhadap produk batik kain besurek,” ucapnya.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Simanungkalit menilai, karnaval batik besurek merupakan kegiatan positif untuk mendukung pengembangan UKM.

“Kami sangat mengapresiasi acara karnaval batik basurek di Kota Bengkulu. Pemerintah mengajak masyarakat untuk berkreasi. Karena ekonomi kreatif salah satu penyumbang devisa terbesar. Dengan adanya acara ini dapat mengangkat budaya dan mengembangkan UKM di Kota Bengkulu,” ungkap Victoria Simanungkalit.

Ia mengaku kagum akan kreatifitas produk batik kain besurek yang ada di Kota Bengkulu. Produk Batik Kain Besurek dari tahun ke tahun terus berkembang dan kreatif.

“Ditambah lagi ada kegiatan karnaval batik seperti ini, dilihat masyarakat dan peserta karnaval sangat gembira atas acara karnaval batik kain besurek,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia meyakini produk batik kain besurek dapat tembus di market pasar internasional.

“Tinggal ditambah lagi mengikuti selera dari konsumen mancanegara,” pungkasnya.

Karnaval batik kain besurek diiringi drum band pelajar Kota Bengkulu dan diikuti peserta dari OPD, kecamatan dan kelurahan di Kota Bengkulu. (bro/MCPemkot)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here