Tuesday, June 25, 2024
spot_img

KB Bengkulu Sosialisasi EYD V

BencoolenTimes.com, – Kantor Bahasa (KB) Provinsi Bengkulu Sosialisasi EYD V yang diluncurkan Badan Bahasa terkait Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dalam Edisi Kelima (EYD V) di Provinsi Bengkulu bertempat di Aula Hotel Santika, Jumat (28/7/2023).

Kegiatan ini diikuti 100 peserta yang terdiri dari instansi pemerintah, para akademisi, mahasiswa, insan pers, dan masyarakat secara umum di Kota Bengkulu.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu, H. Nandar Monadi, S.Sos., M.Si, mengapresiasi Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu atas terselenggaranya Sosialisasi EYD V.

“Bagi seluruh peserta yang mewakili masyarakat secara umum dapat memanfaatkan dan menerapkan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD V dalam berkomunikasi baik secara tulis maupun lisan,” kata Nandar, Jumat (28/7/2023).

Lanjutnya, dalam EYD V ini terdapat penambahan kaidah, perubahan kaidah, perubahan redaksi, pemindahan kaidah, perubahan contoh, dan perubahan tata penyajian ini. Oleh karena itu, Sosialisasi EYD V di Provinsi Bengkulu ini dilaksanakan dengan tujuan menyebarluaskan informasi mengenai kaidah kebahasaan yang tercantum dalam EYD V, termasuk perubahan dari kaidah sebelumnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Resy Novalia, M.Pd., menjelaskan, sosialisasi EYD V sebagai upaya melaksanakan fungsi pembinaan terhadap penutur bahasa.

“Tujuannya kegiatan ini untuk mensosialisasikan dan menyebarkan informasi mengenai EYD V di Provinsi Bengkulu. Kemudian, tujuan lainnya untuk penanganan masalah pembinaan kebahasaan dan kesastraan di Indonesia, khususnya di Provinsi Bengkulu, dapat tercapai dengan baik,” tutur Resy.

Perlu diketahui, Kegiatan Sosialisasi EYD V langsung diisi oleh narasumber, Widyabasa Ahli Muda Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Hellen Astria, M.Pd., tentang materi Kebijakan Bahasa dan Ibu Eko Marini, M.Hum., dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang menyampaikan materi Ejaan yang Disempurnakan Edisi Kelima (EYD V). (JRS)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!