Home Info Daerah Kebutuhan BPJS, Pemkab Benteng Pelajari Pendapatan Pajak Rokok

Kebutuhan BPJS, Pemkab Benteng Pelajari Pendapatan Pajak Rokok

Kebutuhan BPJS, Pemkab Benteng Pelajari Pendapatan Pajak Rokok
Kebutuhan BPJS, Pemkab Benteng Pelajari Pendapatan Pajak Rokok

BencoolenTimes.Com, – Menyikapi peredaran rokok dipasaran, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini tengah melakukan pendataan terhadap besaran pajak rokok yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Benteng.

Pendapatan tersebut nantinya akan digunakan sebagai sumber dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi masyarakat Bengkulu Tengah.

Dikonfirmasi Media Sinergi, Kepala Dinas Sosial Bengkulu Tengah, Lily Tranti, S.Sos, MM mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan selanjutnya akan diteruskan kembali kepada Pemerintah Pusat.

“Terkait dana tersebut, kita masih melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Berdasarkan pantauan dilapangan, diketahui ada ribuan warga yang masih memerlukan BPJS, khususnya dibidang kesehatan,” ujar Lily, Senin (26/08/2019).

“Sementara waktu aturan tersebut masih kita pelajari,” ungkap Lily.

Lebih lanjut kata dia, sebayak 1200 warga Benteng yang belum mendapatkan BPJS masih terus diakomodir melalui dana dari pajak rokok. Namun demikian, pihaknya masih memerlukan perbandingan dengan daerah lain yang sudah mendapatkan dana untuk digunakan sebagai kebutuhan masyarakat.

Terpisah, Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah, Edy Hermansyah, Ph.D menjelaskan, dana tersebut bisa diperoleh karena ada hak pemerintah daerah yang bisa diterima dari penjualan rokok. Oleh sebab itu Pemerintah Benteng akan mengupayakan pendapatan itu.

“Warga Benteng yang membutuhkan bantuan BPJS Kesehatan berjumlah empat ribuan. Dimungkinkan tahun depan bisa diakomodir semuanya dari pajak rokok untuk pemerintah daerah,” sampai Edy.

“Seperti yang dijelaskan Kadis Sosial, masalah ini sedang kami pelajari,” demikian Edy. (MS)