Kegiatan Mahasiswa UIN Bengkulu Diwarnai Ricuh Hingga Baku Hantam

BencoolenTimes.com, – Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (PKMTD) mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  (FEBI) Universitas Islam Negeri Fatmawati Sokarno (UIN-Fas) Bengkulu diwarnai kericuhan dan baku hantam dengan saling lempar kursi antar mahasiswa, Sabtu, (16/10/2021).

Diduga, kericuhan disebabkan karena mis komunikasi antara Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas FEBI dengan Himpunan Mahasiswa (HIMA) di tingkat prodi FEBI.

Berdasarkan penelusuran Tim media BencoolenTimes.com, didapatkan keterangan dari Plt DEMA FEBI, Aldi bahwa, dalam kegiatan PKMTD tersebut banyaknya kekurangan dan cacat kewenangan yang menimbulkan keluhan dari beberapa mahasiswa dan peserta kegiatan PKMTD.

“Karena seakan mencatut nama saya sebagai Ketua Dema FEBI dalam menyelenggarakan acara PKMTD dengan biaya yang cukup tinggi, namun sebenarnya bukan DEMA yang menyelenggarakan PKMTD, sehingga saya langsung meminta kejelasan terhadap acara PKMTD tersebut,” ungkap Aldi.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Fikri menjelaskan, sebenarnya, kegiatan yang diselenggarakan yakni PKMTD, namun karena adanya kesalahan komunikasi dengan DEMA FEBI, sehingga menimbulkan kesalahpahaman maka kegiatan disepakati menjadi kegiatan PMO.

“Alhamdulillaah kami mengambil jalan tengah dengan merubah kegiatan yang semula PKMTD  menjadi kegiatan Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO),” terang Fikri.

Sementara itu, Wakil Dekan lll Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Fatmawati Sokarno Bengkulu Dra. Fatimah Yunus, M.A menerangkan, bahwa kericuhan antara mahasiswa tersebut disebabkan adanya mis komunikasi antara organisasi kemahasiswaan dalam mengadakan kegiatan PKMTD.

“Karena ada gejolak kewenangan yang timbul dari kegiatan PKMTD tersebut, tadi saya mencoba memediasi mereka, lalu timbul kesepakatan yakni, kegiatan PKMTD diubah menjadi Kegiatan PMO yang langsung dibacakan di depan peserta,” jelas Fatimah. (JRS)