KPU dan SMSI Sosialisasi ke Daerah Partisipasi Rendah

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra memberikan materi sosialisasi

BencoolenTimes.Com, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu, menggelar sosialisasi pemilu 17 April 2019 mendatang, untuk daerah yang partisipasi pemilihnya rendah, di Kota Bengkulu. Tempat yang ditunjuk, yakni Kelurahan Jitra, Kecamatan Teluk Segara.

“Kenapa kami pilih Jitra, karena partisipasinya saat pemilihan Walikota Bengkulu tahun lalu, hanya sekitar 60 persen lebih dari total pemilih. Harapan kita, dengan sosialisasi ini, meningkatkan kesadaran memilih,” ujar Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, saat memberi materi sosialisasi.

Kendala yang terjadi, lantaran Kelurahan Jitra banyak anak kos. “Nah untuk masalah itu, kami sudah mendata ulang agar yang punya hak pilih dari luar daerah, bisa memilih di daerahnya untuk pemilu 2019 ini. Sehingga yang memang daerah Jitra, partisipasinya terdata sesuai hak pilih yang ada,” terang Irwan.

Suasana sosialisasi cukup meriah, karena Ketua KPU Irwan dan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto, mampu menghidupkan suasana, serta berdiskusi dengan warga Jitra.

“Bagaimana bapak ibu? Siap menyukseskan pemilu 17 April 2019 mendatang?” tanya Eko saat memberikan materi sosialisasi. “Siap pak,” jawab warga.

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugiarto memberikan doorprize kepada peserta sosialisasi pemilu 2019

Eko sendiri menjelaskan bagaimana cara memilih pada 17 April 2019 mendatang, dengan menunjukkan langsung kertas suara yang nantinya akan dicoblos warga. “Ingat, ada 5 kertas surat suara yang akan dicoblos,” seru Eko kepada warga.

Kegiatan makin meriah, karena ada doorprize yang dibagikan untuk warga yang mampu menjawab pertanyaan seputar pemilu dari KPU.

“Kami warga Kecamatan Teluk Segara siap menyukseskan pemilu 2019,” ucap Ketua KPU, Camat Teluk Segara, Lurah Jitra, tokoh masyarakat, dan perwakilan SMSI Provinsi Bengkulu serentak usai acara.

“Terimakasih pak Camat, ibu Lurah, tokoh masyarakat, juga panitia. Terimakasih SMSI sebagai wadah media online yang ikut menyukseskan acara sosialisasi pemilu 2019,” kata Ketua KPU Irwan, saat menutup acara sosialisasi.(Bro/SM)