Modal Nekat, Komplotan Mafia Tanah Serobot Lahan Perusahaan

Modal Nekat, Komplotan Mafia Tanah Serobot Lahan Perusahaan

BencoolenTimes.com,– Polda Bengkulu berhasil mengungkap sindikat mafia tanah di Provinsi Bengkulu. Dari 7 orang yang terlibat, 5 diantaranya berhasil diamankan dan 2 orang lainnya masih buron.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno S.Sos saat konferensi pers di Mapolda Bengkulu, Selasa (9/11/2021) pagi menjelaskan, tersangka melakukan penyerobotan lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT. Hasfram dengan modus tanam tumbuh. Para tersangka hanya modal nekat melakukan perbuatannya karena tanpa dokumen satupun.

“Mereka menggarap lahan dengan tujuan, jika HGU tak diperpanjang maka mereka yang akan mendapatkan lahan tersebut,” ungkap Sudarno.

Sementara, Kasubdit Hardabangtah Reskrimum Polda Bengkulu AKBP Edi Sujadmiko menjelaskan, ketujuh tersangka tersebut yakni, GS, JN, AD, JA, JL, HI , dan JO. Sementara untuk tersangka inisial HI dan JO saat ini sudah ditetapkan DPO. Dari ke 7 orang tersangka ini ada yang berprofesi sebagai ASN.

“Lahan yang digarap berjumlah lebih kurang 500 meter persegi, dan sudah ada lahan yang telah dijual oleh para tersangka dan kita masih melakukan pengembangan kasus,” kata Sujadmiko.

Edi menambahkan, tersangka dijerat Pasal 170 KUHP Subsidair Pasal 406 KUHP Jucto Pasal 55,56 KUHP dengan ancaman pidana penjara 5 tahun 6 bulan. (CW2)