Home Info Kota Perhatian!! Kasus DBD di Kota Bengkulu Meningkat

Perhatian!! Kasus DBD di Kota Bengkulu Meningkat

BencoolenTimes.Com, – Wabah penyakit Demam Berdarah (DBD) untuk Kota Bengkulu hingga Januari 2019 meningkat. Dari 15 kasus DBD yang dilaporkan, 7 kasus dinyatakan positif DBD.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawati mengatakan pada Januari 2019 ini kasus DBD meningkat, sebab sebelumnya tahun 2018 ada sekitar 75 kasus DBD di Kota Bengkulu.

“Awal Januari ini sangat meningkat, laporan dari masyarakat cukup banyak, namun yang kita nyatakan positif DBD ada 7 kasus,” ungkapnya, Minggu (27/1/2019).

Susilawati menambahkan, dengan meningkatnya kasus DBD di Kota Bengkulu, Dinas Kesehatan akan meningkatkan tindakan untuk mencegah wabah penyakit DBD ini.

“Banyak cara yang kita lakukan, diantaranya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, pemberantasan sarang nyamuk, dan inovasi dari puskesmas untuk memberikan tanaman pengusir nyamuk seperti bunga Lavender,” terangnya.

Berdasarkan Permenkes No 50 tahun 2017 dan Permenkes No 374 tahun 2010, sambung Susilawati, semua harus meminimalisir penggunaan zat kimia (Fooging).

“Zat insektisida ini berbahaya, karena bila masyarakat terpapar zat kimia ini akan timbul penyakit lainnya. Apabila ada masyarakat tanpa sepengetahuan Dinas Kesehatan melakukan Fooging, akan segera kita tindak,” pungkasnya. (Ros)