Rakor, DLH Bahas Pengelolaan Sampah

Rakor, DLH Bahas Pengelolaan Sampah

BencoolenTimes.com, – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu gelar rapat koordinasi (Rakor) pengelolaan sampah bersama Camat se-Kota Bengkulu dan forum Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di salah satu Hotel Kota Bengkulu, Rabu (13/10/2021).

Kepala DLH Kota Bengkulu, Medy Febriansyah mengatakan, rakor tersebut untuk penguatan serta partisipasi masyarakat terhadap kebersihan dan keindahan kota, namun tidak hanya itu saja, akan juga membahas fungsi dan peran LPM dalam pengelolaan persampahan kemudian mengintafisir permasalahan penanganan pengelola sampah di tingkat RT dan RW.

Mengingat, pengelolaan sampah di mulai dari tingkat RT dan RW maka peran LPM sangat penting untuk penanganan pengelolaan sampah.

“Ada beberapa LPM dibeberapa kelurahan sudah mulai melakukan pengelolaan sampah dengan bekerjasama dengan pihak swasta menyediakan lahan kemudian memilah sampah yang dapat diolah dijadikan pupuk kompos sedangkan yang tidak dapat dikelola akan diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” kata Medy.

Kemudian DLH sudah memprogramkan pendirian bank sampah serta TPS3R.

“Upaya ini akan kita sinergikan dan bahas bersama sehingga dapat berjalan baik ke depannya,” ungkap Medy. (JRS)