Temukan Mortir, Nelayan Bengkulu: Ini Penemuan yang Kedua

Rizal, Warga Penemu Mortir Saat Diwawancarai Tim BDTV Cacam Nian

BencoolenTimes.com, – Warga Jalan Pariwisata Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu M Rizal (59) yang berprofesi sebagai nelayan berhasil menemukan Mortir, Jumat, (2/10/2020).

Rizal menceritakan, kronologis penemuan mortir bermula sekitar pukul 05.00 WIB, saat itu Rizal pergi melaut untuk menjaring ikan di perairan Pantai Malabero. Setibanya di Laut sekitar 1 mil dari daratan Pantai Malabero, Rizal memasang jaringnya dengan kedalam 7 meter.

Kemudian, Rizal menunggu sekitar 1 jam. Setelah itu Rizal mengangkat jaring yang telah dipasang tadi dan saat itu ia melihat benda aneh yang menyangkut di Jaringannya. Rizal mengira itu hanya karang laut, namun setelah diangkat ke perahu, Rizal terkejut karena yang menyangkut di jaringannya sebuah mortir.

Lalu, Rizal langsung menepikan kapalnya dan melaporkan penemuannya tersebut ke Kantor Lurah Malabero sekitar pukul 09.00WIB. Kemudian pihak Kelurahan Malabero berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Polsek Teluk Segara Kota Bengkulu.

“Kita pergi melaut tadi selesai salat subuh. Ketemunya sekitar 1 mill dari tepi laut tempat kita masang jaring. Pas kita bongkar, jaring tiba-tiba saya lihat (Mortir) yang nyangkut. Saya langsung mutar balik, takut itu nanti meledak,” ucap Rizal.

Rizal mengaku bukan pertama kalinya menemukan mortir, 15 tahun lalu dirinya juga pernah menemukan  ranjau berbentuk piring. Namun tidak dibawa ketepi karena takut ranjau tersebut meledak kemudian Rizal membuang kembali ranjau itu ke Laut. (CW2)