Home Info Kota Triathlon II Sukses, Atlet Asian Games Juara 1

Triathlon II Sukses, Atlet Asian Games Juara 1

Gubernur Bengkulu dan Danlanal melepas peserta Triathlon

BencoolenTimes.Com, – Event tahunan Triathlon II Bengkulu, Sabtu (22/12/2018) sukses digelar Pemerintah Provinsi Bengkulu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu dan Lanal Bengkulu.

Kegiatan yang dipusatkan di Pantai Cemara, Kelurahan Pasar Bengkulu Kecamatan Sungai Serut ini, dimenangkan atlet Asian Games 2018, Jauhari Johan.

Kegiatan yang dimulai pukul 06.15 WIB ini diikuti peserta atlet Triathlon dari seluruh penjuru Indonesia dan 5 perwakilan dari mancanegara. Acara dibuka langsung Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

“Dengan adanya Triathlon di Bengkulu, tentu saja membuat atlet yang berasal dari luar Bengkulu bisa tahu keindahan wisata yang ada di Bengkulu. Harapan kita nantinya atlet yang datang ke Bengkulu dapat mempromosikan provinsi kita ke daerah asal mereka,” harap Rohidin.

Para juara Triathlon II Bengkulu

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi Jantan mengatakan, acara Triathlon bisa sukses atas partisipasi Pemerintah Provinsi Bengkulu, Lanal dan sejumlah panitia yang turut serta membantu kegiatan ini.

“Triathlon di Bengkulu akan kita laksanakan setiap tahunnya. Triathlon tentu saja dapat promosikan Provinsi Bengkulu ke Atlet yang berasal dari luar Provinsi Bengkulu, maupun luar negeri,” ucap Meri.

“Dampak terbesar dari acara Triathlon, perekonomian di Bengkulu meningkat. Terlihat dari hotel yang ada di Bengkulu saat Triathlon ini berlangsung, hampir semuanya penuh, usaha kuliner banyak dikunjungi tamu dari luar. Nantinya pusat belanja oleh-oleh Bengkulu pun akan ramai dikunjungi atlet dari luar yang ingin membeli oleh-oleh,” harap Meri.

Perlombaan ini dibagi menjadi 2 kelas, yaitu sprint distance dan standart distance.

Kategori Sprint Distance, peserta dari Sumatera Selatan, Jauhari Johan Finish dengan catatan waktu tercepat mengungguli peserta dari Aljazair, Abdullah yang berada di posisi kedua.

Jauhari memgaku mendapat kesulitan saat renang, selebihnya tidak mendapat kesulitan yang berarti karena jalur yang dilalui, sudah steril.

“Saat renang ombaknya lumayan tinggi, jadi rada susah melawan ombak,” ujar Johan, atlet yang ikut berkompetisi di Asian Games Indonesia 2018 lalu.

Sementara itu, Abdullah, peserta Triathlon yang berasal dari Aljazair, juga berkomentar terkait perlombaan Triathlon.

“Warga Bengkulu ramah-ramah. Saat saya lari, warga Bengkulu menyapa saya dan memberikan semangat yang luar biasa untuk saya,” ucap Abdullah tampak senang.

“Meski saya juara kedua dalam catatan perolehan waktu, saya tetap bersyukur telah menuai prestasi di Bengkulu. Kedepannya saya akan lebih rajin latihan agar nantinya perlombaan Triathlon berikutnya menjadi juara,” tambah Abdullah.

Untuk diketahui, Triathlon meliputi tiga cabang olahraga, renang, lari dan sepeda. Berawal dari renang yang dilakukan di laut Pantai Panjang Bengkulu.
Kemudian bersepeda sejauh 40 kilometer dan lari dengan jarak tempuh 10 kilometer. Start dan finish lomba ini di Pantai Taman Cemara Pasar Bengkulu.(Ros)