UNIB Mantapkan Kerja Sama Pemanfaatan Aset Tahura dengan Pemkab Benteng

BencolenTimes.Com, – Menindak lanjuti pembahasan mengenai pemanfaatan aset Universitas Bengkulu (UNIB) oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Pihak UNIB dengan terbuka memantapkan perjanjian kerja sama (PKS) atas aset bangunan yang berada di ruang lingkup Taman Hutan Raya (Tahura) Rajo Lelo, Desa Tanjung Terdana, Kecamatan Pondok Kubang.

Kesepakatan pemantapan oleh pihak UNIB tersebut, diperkuat dengan dilakukannya pertemuan antar kedua belah pihak di ruang rapat Universitas Bengkulu, Senin (19/08/2019).

“Sudah deal, bahwa Pemkab Benteng akan memanfaatkan aset UNIB berupa gedung untuk tempat dinas terkait,” terang Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc.

Ia menjelaskan, sebelumnya aset UNIB tersebut memang sudah cukup lama terbengkalai. Dan kebetulan saat ini Pemkab Benteng ingin sekali menjalin kerjasama usai Tahura diserahkan untuk menjadi aset Benteng awal tahun lalu. Tentunya kesepakatan ini menjadi sesuatu yang bisa mendukung pemanfaatan kembali berbagai aset UNIB untuk kebutuhan pendidikan dalam beberapa tahun kedepan.

“Saat ini, UNIB bersama Pemkab Benteng telah merealisasikan keputusan bersama, bahwa Pemkab Benteng akan menggunakan aset gedung disertai perbaikan setelah lama tidak digunakan,” tegasnya.

Perbaikan Gedung

Pemanfaatan Aset Tahura, UNIB Mantapkan PKS dengan Benteng

Sekretaris Daerah Kabupaten Benteng, Edy Hermansyah, Ph.D memastikan perbaikan akan dilakukan dan menjadi tanggung jawab oleh pihak UNIB. Aset berupa gedung sudah sekitar 25 tahun tidak terpakai dalam waktu dekat, akan dimanfaatkan untuk dua OPD yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dan Juga Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Dua OPD tersebut berkaitan langsung dengan pemanfaatan lokasi Tahura kedepannya, baik itu sebagai pusat wisata baru yakni wisata alam serta pusat pendidikan dengan menggandeng UNIB sebagai salah satu pihak yang juga memiliki aset berupa gedung didalamnya. Itu alasannya kenapa kita jalin kerja sama,” kata Edy.

Edy juga memastikan rencana ini juga sudah mendapatkan dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Benteng.

“Semua pihak terkait sudah mendukung dan siap menjadikan Tahura kedepannya sebagai lokasi yang bisa diharapkan untuk kegiatan wisata dan pusat penelitian pendidikan,” jelasnya.

Menanggapi ucapan Sekretaris Daerah Benteng, anggota DPRD Kabupaten Benteng, Evi Susanti dalam pertemuan tersebut mengaku jika pihak legislatif siap membatu serta mendukung penuh kerjasama UNIB dan Pemkab Benteng dalam memajukan Taman Hutan Raya Rajo Lelo.

“DPRD Benteng pasti akan berikan dukungan untuk itu,” tutup Evi. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here