spot_img
Wednesday, August 3, 2022
spot_img
HomeInfo KotaWarga di Tiga Kecamatan Kota Terancam Krisis Air Bersih

Warga di Tiga Kecamatan Kota Terancam Krisis Air Bersih

-

BencoolenTimes.com, – Warga di Tiga Kecamatan Kota Bengkulu yakni Teluk Segara, Sungai Serut, dan Muara Bangkahulu terancam krisis air bersih. Pasalnya, dalam 2 pekan terakhir, wilayah layanan zona 3 PDAM Tirta Hidayah Kota Bengkulu itu terjadi gangguan dikarenakan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Surabaya sedang melakukan pengurasan sehingga mengakibatkan pengurangan produksi air minum ke para pelanggan di 3 Kecamatan tersebut.

Pengurasan.

Direktur PDAM Tirta Hidayah Kota Bengkulu, Sjobirin Hasan mengatakan, kondisi IPA Surabaya saat ini sangat mengkhawatirkan jika tidak dikuras, karena Air Sungai Bengkulu yang merupakan air baku IPA Surabaya dari beberapa pemeriksaan diduga relah terkontaminasi limbah industri seperti pabrik karet, pabrik kelapa sawit dan batubara.

Saat ini, tingkat kekeruhan air Sungai Bengkulu yang masuk se IPA Surabaya sudah mencapai 10.128 Nephelometric Turbidity Unit (NPU- Pengukuran Air Baku Menggunakan Efek Cahaya) hingga 46.464 NTU setiap harinya.

Sebelumnya, PDAM Tirta Hidayah Kota Bengkulu telah meminta Pemerintah Provinsi Bengkulu maupun Pemerintah Kota, bahkan sampai ke  Kementerian LHK untuk mengimbau dan melakukan pengawasan terhadap pelaku industri agar tidak membuang limbah ke Air Sungai Bengkulu. Namun faktanya praktik pencemaran tersebut masih saja terjadi.

“Kita sedang melakukan pengurasan IPA Surabaya yang tingkat kekeruhan airnya kini sudah Sangat kronis yakni mencapai 10.128 Nephelometric Turbidity Unit (NPU- Pengukuran air baku menggunakan efek cahaya) hingga 46.464 NTU setiap harinya dan hal itu terjadi lantaran air Sungai Bengkulu sebagai air baku IPA Surabaya diduga telah tercemar limbah industri pabrik karet Sawit dan batubara,” ujar Sjobirin Hasan.

IPA PDAM Tirta Hidayah di Kelurahan Surabaya Kota Bengkulu memiliki kapasitas produksi debit air bersih sebesar 10.368.000 ltr/hari dengan jumlah pelanggan sebanyak  6.791 Kepala Keluarga.

Sementara solusi yang dilakukan PDAM Tirta Hidayah Kota Bengkulu atas tercemarnya Air Sungai Bengkulu, selain melakukan pengurasan IPA Surabaya juga melakukan droping Air bersih secara gratis melalui mobil tangki pada pelanggan. (Bay)

 

Related articles

Latest posts

error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!