Home BDTV Warga Sweeping Truk Batubara Melebihi Tonase dan Kerap Memakan Korban

Warga Sweeping Truk Batubara Melebihi Tonase dan Kerap Memakan Korban

BencoolenTimes.com, – Warga Desa Bukit Makmur, Kecamatan Pinang Raya, Kabupaten Bengkulu Utara melakukan sweeping atau menghadang truk lohan yang melintasi jalan umum dengan muatan melebihi tonase dan tidak sesuai dengan kapasitas jalan, Senin (5/4/2021).

Hal ini karena warga kesal selain muatan truk melebihi tonase, truk juga kerap terlibat kecelakaan dengan kendaraan yang melintas di jalan tersebut.

Bambang Pamuji warga sekitar, mengatakan aksi warga tersebut lantaran warga kesal sudah banyaknya korban dari warga sekitar berjatuhan yang disebabkan oleh truk lohan yang melintas di jalan umum.

“Pada dasarnya aksi demo itu merupakan inisiatif warga, karena sudah beberapa kali kejadian kecelakaan yang korbannya warga kami melawan truk batubara itu dan bahkan dalam sebulan bisa 2 kali bahkan 3 kali. Kemudian mereka (truck batubara) itu melintas juga melebihi kapasitas karena jalan kami ini golongan 3C yang hanya mampu menahan beban 8 ton sedangkan muatan mereka mencapai 20 ton,” jelas Bambang.

Bambang menerangkan aksi warga itu fokus pada truk bermuatan batu bara agar tidak lagi melintas di jalan tersebut. Truk yang melintas di jalan umum tersebut berasal dari berbagai macam perusahaan tambang bahkan milik pribadi warga.

“Jadi aksi demo yang kami lakukan itu fokus kepada truknya, agar tidak melintasi jalan ini lagi karena dari kapasitas jalan juga tidak memungkinkan untuk mereka lewat. Truk berkapasitas besar yang melintas jalan tersebut berasal dari perusahaan Tiga Putra, Obama, SG tapi punya masyarakat juga banyak,” tutur Bambang.

Bambang menyatakan, permasalahan dan keluhan tersebut belum mendapatkan titik terang. Pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat agar permasalahan segera diselesaikan.

“Belum, sementara masih negosiasi sama Dinas Perhubungan (Dishub) dari Pemerintah Kecamatan dan Polsek Setempat,” tutup Bambang.(PPJ)