asd
Friday, July 19, 2024
spot_img

Yayasan Pelita Bangsa Lepas 220 Peserta Didik

BencoolenTimes.com, – Yayasan Pelita Bangsa melakukan pelepasan 220 peserta didik tahun 2023 di salah satu Hotel di Kota Bengkulu, Sabtu (15/7/2023).

Tercatat peserta didik di 3 lembaga PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) bawah naungan yayasan Pelita Bangsa diantaranya, Pelita Bangsa Kota Bengkulu sebanyak 151 dari jumlah keseluruhan 318 peserta didik. Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 45 peserta didik dari 111 dan Kabupaten Kaur 24 peserta didik dari 45.

Ketua yayasan Pelita Bangsa, Dahlia Tambayong menjelaskan, dari lulusan PKBM Pelita Bangsa dimulai dari lulusan paket A (SD), paket B (SMP) dan paket C (SMA).

“Jadi, sistem kesetaraannya harus tuntas modul sehingga tidak bisa setahun satu kali ujian. Karena harus mengikuti sesuai ijazah. Kalau paket A 6 tahun maka untuk paket A ke paket B harus nunggu 3 tahun dan begitu juga paket C Selanjutnya,” ungkapnya.

Selain itu, Dahlia menambahkan, di yayasan Pelita Bangsa ada program umum dan program unggulan subsidi full alias belajar gratis dengan syarat calon peserta didik yang belum berusia 24 tahun dan yang telah berusia diatas 24 tahun maka harus lampirkan surat keterangan tidak mampu.

“Yang mau program gratis silahkan melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan,” paparnya.

Dia pun berharap agar para alumni PKBM dibawah naungan yayasan Pelita Bangsa untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

“Khusus untuk usia didik di Pakat A dan paket B agar melanjutkan ke sekolah formal. Sementara yang paket C untuk melanjutkan masuk ke perguruan tinggi,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD/MI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Minarni meminta agar, PKBM dibawah naungan yayasan Pelita Bangsa untuk tetap bersinergi bersama pemerintah dalam mengentaskan wajib belajar 12 tahun.

“Tentunya dengan harapan agar PKBM memenuhi standar pembelajaran sehingga bisa menghasilkan alumni yang berkemampuan dan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya,” sampainya.

Kemudian, Ia juga berharap para peserta didik setelah tamat dari PKBM ini mampu berkompetisi di tengah masyarakat sehingga mampu memberikan kemapanan ekonomi keluarga.

“Seperti dalam pemilihan kepala desa atau mungkin bidang lainnya,” pungkasnya. (JRS)

Perlu diketahui, Yayasan Pelita Bangsa berdiri 2018 hingga sekarang, dan telah mendirikan 6 Lembaga Pendidikan.

Berikut rinciannya :

1. PKBM Pelita Bangsa Kota Bengkulu bergerak dibidang Pendidikan Kesetaraan
2. PKBM Pelita Abadi Rejang Lebong bergerak dibidang Pendidikan Kesetaraan
3. PKBM Pelita Bangsa Kaur bergerak dibidang Pendidikan Kesetaraan
4. LKP Boneeta bergerak dibidang Kursus Kewirausahaan dan Bahasa
5. LKP Pelita Bangsa Bergerak dibidang Kursus Komputer
6. LPK SENKAI Bergerak dibidang pelatihan bahasa Jepang dan pemberangkatan
ke Jepang

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!