Bawaslu Temukan Pelanggaran Saat Deklarasi Pemenangan Jokowi

Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu, Fatimah

BencoolenTimes.Com, – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Provinsi Bengkulu, menemukan dugaan pelanggaran saat deklarasi pemenangan Calon Presiden Joko Widodo dan Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, yang dilakukan Gubernur Bengkulu dan 9 bupati di Provinsi Bengkulu, Minggu (13/1/2019) lalu, di Gedung Persada Bung Karno, Kota Bengkulu.

Dugaan pelanggaran itu disimpulkan dalam rapat pleno Bawaslu Provinsi Bengkulu, Selasa (15/1/2019). Disampaikan Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu, Fatimah Siregar, dugaan pelanggaran itu terkait kendaraan dinas yang dibawa peserta, saat deklarasi. “Temuan ini akan segera diproses untuk dilakukan penindakan,” ucap Fatimah saat ditemui di ruangan kerjanya.

Sambung Fatimah, temuan pelanggaran sudah diregister untuk diproses, “Tahapan prosesnya cukup panjang  sesuai peraturan Bawaslu di Divisi Penindakan Pelanggaran,” lanjutnya.

Pelanggaran deklarasi ini nantinya akan dikenakan Pasal 521 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

“Temuan kami, peserta kampanye ada yang hadir menggunakan fasilitas pemerintah, yaitu dalam hal ini diduga menggunakan mobil dinas,” beber Fatimah.

Sementara itu, Rohidin Mersyah yang hadir saat deklarasi menegaskan, ia secara pribadi tidak menyalahgunakan fasilitas negara, untuk kepentingan politik.

“Saya tidak menggunakan fasilitas mobil dinas gubernur (saat deklarasi). Kapasitas saya menghadiri deklarasi TKD Joko Widodo-Ma’ruf Amin, sebagai ketua partai,” ujar Rohidin.(Ros)