asd
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Bupati Kopli Launching Pelayanan HD RSUD Lebong, Bukti Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan

BencoolenTimes.com – Bupati Lebong, Kopli Ansori, Jumat pagi, 5 Juli 2024, secara resmi launching pelayanan Hemodialisa (HD) atau biasa disebut Cuci Darah di RSUD Lebong. Launching ditandai dengan pemotongan pita tanda diresmikan Ruangan Pelayanan HD di RSUD Lebong.

Saat pemotongan Pita Peresmian, Bupati Kopli Didampingi Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Penjabat Sekda, Mahmud Siam dan Plt. Direktur RSUD Lebong, Rachman, serta pejabat dilingkungan Pemkab Lebong lainnya.

Salah satu masyarakat Kabupaten Lebong yang mulai mendapatkan pelayanan cuci darah di RSUD Lebong saat launching, Jumat, 5 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Kopli menyampaikan, bahwa proses persiapan unit Pelayanan HD hingga bisa dibuka resmi di RSUD Lebong memakan waktu lebih dari dua tahun. ‘’Pemkab Lebong dan Dinkes Lebong bersama RSUD Lebong menyiapkan ini (Pelayanan HD) hingga bisa terwujud, memakan waktu lebih dari dua tahun,’’ sampai Bupati Kopli.

Mulai dari menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), lanjut Bupati Kopli, gedung, peralatan hingga melengkapi administrasi perizinan, sudah dilakukan sejak awal tahun 2022 lalu. ‘’Alhamdulillah hari bisa kita launching atau resmi dibuka pelayanannya,’’ lanjut Bupati Kopli.

Sambutan Bupati Lebong, Kopli Ansori.

Terwujudnya pelayanan cuci darah, sambung Bupati Kopli, di RSUD Kabupaten Lebong, tidak lain menjadi salah satu bentuk komitmen Pemkab Lebong dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Agar kedepan, masyarakat Kabupaten Lebong tidak perlu lagi jauh-jauh ke RSUD tetang untuk mendapatkan pelayanan cuci darah.

‘’Selama ini, masyarakat kita yang membutuhkan pelayanan cuci darah, harus ke Kabupaten Rejang Lebong atau ke Kota Bengkulu. Alhamdulillah hari ini sudah cukup datang ke RSUD Lebong saja dan ini berkat dukungan seluruh jajaran Pemkab Lebong, termasuk DPRD Lebong, maupun masyarakat Kabupaten Lebong,’’ ucap Bupati Kopli.

Sambutan Plt. Direktur RSUD Lebong, Rachman.

Sementara itu, Plt. Direktur RSUD Lebong, Rachman menyebutkan, saat ini terdata 18 orang membutuhkan pelayanan cuci darah di Kabupaten Lebong. ‘’Untuk sementara dalam pelayanan terhadap pasien-pasien cuci darah ini menyesuaikan jadwal mereka dan nanti kita upayakan untuk penjadwalan ulang,’’ sampai Rachman.

Untuk pelayanan 18 orang pasien tersebut, terang Rachman, sejauh ini bisa dimaksimalkan di RSUD Lebong. Karena memang, Unit Pelayanan HD RSUD Lebong memiliki empat unit mesin dialisis atau alat mencuci darah.

‘’Untuk kedepan, mudah-mudahan bisa bertambah. Meskipun saat ini, empat unit alat tersebut sudah bisa dioptimalkan untuk melayani masyarakat Kabupaten Lebong yang membutuhkan pelayanan cuci darah,’’ terang Rachman.

Ditambahkan Rachman, untuk terus mempermudah dan kenyamanan masyarakat Kabupaten Lebong mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Lebong, saat ini mereka sudah memberikan pelayanan antre via online. Sehingga masyarkat tidak harus mengantre lama-lama di RSUD untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

‘’Dengan pelayanan nomor antre via umah sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, masyarakat tidak perlu antre di RSUD. Tapi bisa melalui online dan datang di waktu yang sudah tertera sesuai antrean online,’’ imbuh Rachman.(OIL)

Related Articles

Latest Article

error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!