Saturday, September 23, 2023
spot_img

Lahan Milik BKSDA Kebakaran, Kapolda Bengkulu dan Kapolresta Turun Padamkan Api

BencoolenTimes.com, – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Kota Bengkulu tepatnya kawasan perbatasan dekat Lapangan Golf Kota Bengkulu Jalan Citanduy Raya Kelurahan Muara Dua Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, Minggu (3/9/2023).

Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Armed Wijaya bersama Kapolresta Bengkulu, Kombes Pol Aris Sulistyono bergerak cepat membantu proses pemadaman api yang membakar lahan kosong yang diketahui milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu tersebut.

Lahan yang terbakar tersebut diperkirakan seluas 1 hektar dan berdekatan dengan Barak Dalmas Polda Bengkulu yang berada di Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu.

Baca Juga  Kepergok Hendak Mesum Sama Istri Orang, KPH BKSDA Bengkulu-Lampung Disanksi

Untuk memadamkan titik api tersebut, Kapolda Bengkulu mengerahkan 3 unit AWC Dit Sabhara Polda Bengkulu dan terus melakukan pemantauan hingga api berhasil dipadamkan.

Kebakaran yang terjadi.

Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Armed Wijaya pihaknya mengetahui adanya Karhutla melintas di lokasi barak dalmas menemukan ada asap cukup banyak dan ketika dilakukan pengecekkan di lokasi ditemukan adanya kebakaran lahan.

“Kita akan melakukan penyelidikan lebih lanjut apakah ada yang sengaja membakarnya atau terbakar sendiri,” kata Armed.

Armed menuturkan, apabila nanti dalam proses penyelidikan ditemukan bahwa lahan ini sengaja dibakar, pihaknya akan memberikan tindakan tegas sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi pembakarnya.

Baca Juga  Kapolresta Bengkulu Inisiatori Car Free Day Stop Karhutla : Upaya Pertahankan Udara Bersih

Mengingat saat ini sedang musim kemarau dan puncak-puncaknya musim kemarau, Armed berhara masyarakat sadar dan tidak melakukan pembakaran apapun jenis pembakaran, terutama pembakaran lahan dan kebun.

“Kita berupaya untuk menghindari kabut asap, sekarang kita pantau sudah mulai ada kabut asap yang menyelimuti Kota Bengkulu dan sekitarnya jadi mohon kesadaran dari seluruh masyarakat,” jelas Armed.

Armed menekankan kepada seluruh Kapolresta maupun Kapolres jajaran untuk tanggap terkait adanya kebakaran lahan dan bersinergi dengan pihak terkait, sehingga di Bengkulu bebas dari kebakaran lahan.

Baca Juga  Pengurus SMSI Kota Bengkulu Dilantik, Begini Pesan Wawali dan Harapan Kapolresta

“Beberapa waktu lalu kita sudah menggelar rakor terkait Karhutla, jadi saya tekankan kepada seluruh Kapolres untuk bekerja sama dengan pemerintah , TNI, BPBD, BMKG serta instansi terkait dan cepat tanggap terkait aksi karhutla, jika ditemukan titik api segera padamkan, jangan menunggu membesar,” ungkap Armed.

Terkait kebakaran lahan yang ditemukan tersebut, Armed memerintahkan Kapolresta Bengkulu untuk melakukan penyelidikan lebihlanjut.

“Kita belum tau penyebab kebakaran ini, namun dugaan sementara, ini ladang liar dan spot yang terbakar terpisah-pisah, jadi ada dugaan kesengajaan,” tukas Armed. (BAY)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!