Home Info Kota Masya Allah, Para Pemulung Ini Berkurban 4 Sapi dan 1 Kambing

Masya Allah, Para Pemulung Ini Berkurban 4 Sapi dan 1 Kambing

BencoolenTimes.Com, – Hari raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun ini, Allah menunjukkan pengorbanan hambanya yang bersungguh-sungguh. Niat kuat untuk ibadah, menjadikan para pemungut barang bekas (pemulung) ini, menjadi inspirasi umat. Mereka berhasil membuktikan bahwa kemiskinan bukan penghalang untuk berkurban.

Anggapan yang menilai pemulung hanya sebelah mata, terbantahkan dengan niat kuat dan ketulusan warga di RT 5 Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu, yang didominasi warga pencari barang bekas.

Fakta itu ditemukan media online ini di Jalan P. Natadirja KM 7,5 Kota Bengkulu. Warga yang selama ini dianggap kurang mampu, ternyata bisa berkurban 4 ekor sapi dan 1 ekor kambing di hari raya Idul Adha 1441 Hijriah. Pemotongan kurban dilaksanakan Sabtu (1/8/2020) lalu, mulai pukul 07.30 hingga 13.00 WIB. Dihadiri Lurah Jalan Gedang bapak Herzi, S.Sos.
Bagaimana bisa warga yang didominasi pemulung ini bisa berkurban? Berawal dari dibentuknya pengajian di RT 5 Kelurahan Jalan Gedang. Warga lalu menunjuk Teddy Safutra, S.HI sebagai Ketua Pengajian setempat. Teddy bersama Ketua RT 5 Jalan Gedang, Rohman perlahan menggalakkan kegiatan keagamaan bersama warga.
Dari kegiatan keagamaan, tertanam semangat ibadah dalam lingkungan warga. Salah satunya, semangat berkurban. Tahun lalu, dibentuklah panitia kurban dengan Ketua Panitia Burhanuddin, Sekretaris Dian Mustika dan Bendahara Mamat Tarwani.
“Selama ini warga RT 5, dipandang sebelah mata karena profesi sebagian warganya. Tapi mereka berhasil membuktikan bahwa untuk beribadah, tidaklah memandang apapun profesi seseorang,” cerita Teddy.
Hal yang membuat terharu, tema yang diangkat warga ini, membuat semangat ibadah mereka patut dicontoh, apalagi bagi mereka orang yang mampu. Tema mereka “Mari Kita Tanamkan Semangat Berqurban, Karena Berqurban Tidak Memandang Harta, Pangkat dan Jabatan”.
“Semoga ini menjadi contoh untuk RT RT lainnya, terkhusus di Kelurahan Jalan Gedang. Saya sangat mengapresiasi kekompakan warga RT 5 yang berhasil melaksanakan kurban di wilayahnya,” harap Lurah Jalan Gedang, Herzi.
“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang bekerja keras menyukseskan kegiatan kurban. Juga terimakasih untuk beberapa perusahaan yang turut membantu kami melancarkan niat ibadah bersama ini,” tambah Panitia Kurban, Burhanuddin.
Kegiatan ini menghasilkan 265 Kg daging kurban, sebanyak 215 kupon dibagikan untuk menerima pembagian kurban di wilayah ini, “Pemotongan kurban dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.
Petugas dari puskesmas Jalan Gedang ikut hadir untuk mengukur suhu badan dan kesehatan panitia dan warga yang hadir,” tukas Burhanuddin.(bro)