Sore Hari, Bengkulu Dikejutan Gempa 5,3 SR

BencoolenTimes.Com – Sore Hari, Bengkulu Dikejutan Gempa 5,3 SR

Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Pulau Enggano Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Senin (6/5/2019). Gempa yang mengguncang pulau terluas Bengkulu itu terjadi sekira pukul 15.20 WIB.

Gempa yang berpusat di Pulau Enggano itu cukup dirasakan masyarakat di provinsi berjuluk ”Bumi Rafflesia” ini. Seperti, Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Utara. Di mana, gempa itu terjadi ketika menjelang azan Salat Asar.

Gempa di Enggano, sampai PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah, disebabkan penyusupan Lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia yang berada di bawah Pulau Sumatera.

Selain itu, sambung Sabar, masyarakat di Enggano dan masyarakat Bengkulu khususnya, diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khususnya, masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera.

”Kami mengimbau agar masyarakat tidak terpancing isu. Kami juga mengimbau masyarakat tetap waspada, sebab gempa tidak tahu kapan akan terjadi begitu juga dengan besaran gempa,” kata Sabar.(BT/MS)