asd
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Lahan Milik Kades Diduga Sengaja Dibakar

BencoolenTimes.com – Kebakaran lahan di lahan kebun milik Kades Padang Bindu Kecamatan Benakat Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Darmansyah Tresno, Selasa (12/9) lalu, masih menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, dari keterangan Bhabinkamtibmas setempat, bahwa sumber api berasal dari lahan milik PT. Musi Hutan Persada (MHP).

‘’Diketahui dari drone, titik api berasal dari PT. Musi Hutan Persada dan ada kebun milik warga lain juga yang ikut terdampak, hingga menghanguskan 8 batang pohon sawit. Pokoknya kalau ada yang merasa dirugikan dan menuntut ganti rugi, kami siap mengganti,’’ ucap Febri Alay yang merupakan Bhabinkamtibmas setempat.

Namun keterangan Bhabinkamtibmas tersebut, masih menimbulkan tanda tanya, karena ini berbeda dengan pernyataan security atau keamanan dari PT. MHP. Karena jika dikatakan titik api berawal dari PT. MHP, lahan perkebunan PT. MHP itu sendiri tidak terdampak sedikit pun akibat adanya kebakaran lahan milik kades tersebut.

‘’Dari keterangan keamanan PT. MHP, lahan mereka tidak ada yang tedampak kebakaran lahan tersebut. Karena saat dicek dilapangan, api diduga berawal dari lahan kebun milik kades Padang Bindu. Sedangkan pihak PT. MHP hanya ikut membantu memadamkan api, karena kebakaran dekat dengan lokasi lahan mereka,’’ ungkap Koordinator LSM MAKI-ME, Erin Prasetio.

Bahkan menurut Erin, dari keterangan pihak perusahaan MHP, terjadinya kebakaran lahan diduga milik kades tersebut sampai tiga kali dan dihari yang berbeda.

“Jadi, keterangan pihak perusahaan, kebakaran di lahan tersebut sampai tiga kali dan dihari yang berbeda. Sehingga kita menduga ini memang sengaja dibakar orang, bukan terbakar,’’ sambung Erin.

Salah satu warga yang takut disebut namanya, mengakui kalau memang kebakaran di lahan yang sama terjadi sampai tiga kali di hari yang berbeda. Namun anehnya, pemilik lahan yang tidak lain adalah kades, baru heboh di saat terakhir atau setelah api dipadamkan dengan bantuan pihak PT. MPH.

“Kami herannya, pihak Kades Padang Bindu hebohnya diakhir,’’ ucap warga tersebut.(WIR)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!