Mediasi Bentrok Nelayan, Pemda Diminta Segera Tetapkan Regulasi yang Jelas

BencoolenTimes.com, – Pasca terjadinya bentrok antara nelayan tradisional dengan nelayan trawl yang berlanjut pemblokiran jalan Lintas Sumatera Bengkulu – Mukomuko oleh nelayan tradisional di Desa Serangai dan Desa Pasar Palik Kecamatan Air Napal  Polres Bengkulu Utara, Jumat (25/12/2020).

Polres Bengkulu Utara bersama sejumlah pihak melaksanakan mediasi guna mencegah konflik yang berkepanjangan antara nelayan trawl dan nelayan tradisional serta mencari solusi terkait bentrok Nelayan Trawl dan nelayan tradisional. Mediasi berlangsung tertutup, Senin (28/12/2020).

Direktur Polairud Bengkulu AKBP Marbun saat diwawancarai usai mediasi menjelaskan,hasil pertemuan sudah mengerucut mencari titik tengahnya. Intinya untuk persoalan yang terjadi sama-sama untuk menahan diri agar tidak terjadi kejadian yang sama.

“Tentunya kedepan , kita akan sama-sama menjaga kondusifitas untuk wilayah,” kata Marbun.

Mengenai kejadian bentrok antara nelayan tradisional dan nelayan trawl bukan pertama kalinya terjadi dan untuk mencegah kejadian yang sama terulang lagi, Marbun menuturkan, pihaknya bersama unsur terkait akan melakukan langkah-langkah konkrit dan komprehensif, tentunya juga dengan dukungan masyarakat nelayan juga dengan Pemerintah Daerah.

“Kami juga akan mendorong Pemerintah Daerah untuk mengeluarkan regulasi yang jelas, tentunya yang mengakomodir kepentingan dari masyarakat,” jelas Marbun.

Mediasi ini dihadiri, Kapolres Bengkulu Utara AKBP Anton Setyo Hartanto,S,Sik,MH, Dandim 0423/BU Letkol Inf Agung Pramudyo Saksono,S,Sos,M,Si, Danlanal Bengkulu Letkol laut Yudi Ardian, Bupati Bengkulu Utara Ir Mian, Ketua DPRD kab.BU Sonti bakara,SH, Kepala Dinas DKP provinsi Sri hartati, Dirpolairut Bengkulu AKBP Marbun, Anggota DPRD Kabupaten Bengkulu Utara Ruzianto, Pasi Intelrem 041/Gamas Kapt Inf S.Sinaga, Kasat Reskrim Res BU AKP Jerri Nainggolan, Kasat Intelkam Res BU AKP Andre anuar, Kabag Ops Res BU AKP jupri, Pasi Intel Dim 0423/BU Lettu Inf Zulfitri, Kadis Perikanan dan kelautan kab.BU Maskisman, Dirkrimum Polda Bengkulu, Perwakilan Nelayan Tradisional Kab. Bengkulu Utara. (Bay)