Survei Fixpoll: Siapapun Wakilnya, Agusrin Unggul dari Rohidin

BencoolenTimes.Com, – Beberapa lembaga survei merilis hasil pantauan mereka, menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu, yang diagendakan 9 Desember 2020. Terbaru, Fixpoll Indonesia menyampaikan hasil surveinya, Senin (3/8/2020) di Hotel Santika, Kota Bengkulu.

Seperti survei-survei sebelumnya, sosok Agusrin M Najamudin kembali unggul dari figur lainnya. Bahkan, Agusrin unggul dari petahanan, Rohidin Mersyah yang saat ini masih menjabat Gubernur Bengkulu. Dipasangkan dengan figur bakal calon Wakil Gubernur manapun, Agusrin unggul.

Survei Fixpoll Indonesia menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 640 orang, dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sample 640 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of eror) sekitar 4,07 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh kecamatan yang didistribusikan secara profesional, kurun waktu 9-16 Juli 2020.

“Beberapa figur kami sodorkan kepada responden kami. Sosok Agusrin, Rohidin, Helmi Hasan, Imron Rosyadi, Sultan Najamudin, David Suardi, Ferry Ramli, Ahmad Hijazi dan lainnya,” ungkap Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia, Mohamad Anas RA.

Untuk kategori kesukaan, jelas Anas, responden memberikan pilihannya pada Agusrin di tempat pertama. Di urutan kedua ada nama Helmi Hasan yang saat ini menjabat Walikota Bengkulu. Di urutan ketiga Rohidin Mersyah. Berurut selanjutnya, Sultan Najamudin, Imron Rosyadi, David Suardi, Ferry Ramli, Ahmad Hijazi, Dedy Ermansyah, Muslihan, Rosjonsyah, Dodi Reza Alex Noerdin dan terakhir Izda Putra.

Kategori popularitas, Agusrin kembali menempati urutan teratas. Unggul dari Rohidin Mersyah di peringkat kedua, dilanjutkan dengan Helmi Hasan diurutan ketiga. Selanjutnya, Sultan, Imron, David, Ferry Ramli dan figur lainnya.

Survei 3 Figur Pilgub
Fixpoll juga melakukan simulasi 3 kandidat nama kepada respondennya. Tiga nama pertama, Agusrin, Rohidin dan Helmi. Ketika ditanyakan seandainya pemilihan langsung Gubernur Bengkulu dilaksanakan hari ini, siapa yang dipilih?

“Survei menempatkan Agusrin berada di urutan teratas dengan 28,7 persen. Rohidin di urutan kedua dengan 21,5 persen. Sementara Helmi Hasan dengan 19,6 persen. Sementara yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 30,2 persen,” papar Anas.

Selanjutnya, tiga nama yang diajukan berikutnya, seandainya pemilihan langsung Gubernur Bengkulu dilaksanakan hari ini, siapa yang dipilih antara Rohidin, Helmi Hasan atau Ferry Ramli?

“Menariknya, Helmi Hasan unggul dengan 25,7 persen. Disusul Rohidin Mersyah sebanyak 22,3 persen, kemudian Ferry Ramli dengan 10,9 persen. Yang menjawab tidak tahu sebanyak 41,1 persen,” lanjut Anas.

Tiga nama lagi, antara Helmi Hasan, Rohidin Mersyah atau Ahmad Hijazi, responden yang disurvei Fixpoll kembali mengunggulkan Helmi Hasan diperingkat pertama dengan 24,6 persen. Kemudian Rohidin 21,7 persen, Hijazi dengan 12,9 persen, tidak menjawab 40,8 persen.

“Lalu tiga nama lagi kami sodorkan. Agusrin M Najamudin, Helmi Hasan atau Ferry Ramli. Hasinya Agusrin unggul 35,4 persen, Helmi Hasan 19,4 persen dan Ferry Ramli 9,3 persen. Tidak menjawab 35,9 persen,” papar Anas.

Untuk tiga nama lainnya, antara Rohidin, Agusrin dan Ferry Ramli jika seandainya pemilihan gubernur dilakukan hari ini, responden kembali menempatkan Agusrin dengan 32,7 persen, Rohidin 22,3 persen, lalu Ferry 13,4 persen.

Sementara simulasi 2 kandidat nama, antara Rohidin dan Helmi Hasan, survei menempatkan Helmi Hasan unggul 28,8 persen dari Rohidin yang mendapat 22,6 persen. Lalu antara dua nama yakni Rohidin dan Agusrin, kali ini Agusrin unggul jauh dengan 34,6 persen dan Rohidin 22,1 persen. Sementara jika Agusrin dengan Helmi Hasan, Agusrin kembali unggul dengan 39,3 persen dari Helmi Hasan dengan 22,7 persen.

Yang unik lainnya, jika Pilgub dilakukan hari ini, mana yang dipilih dari dua nama, Ferry Ramli atau Ahmad Hijazi, Ferry unggul dengan 17,3 persen dan Hijazi dengan 15,4 persen.

Untuk eletabilitas posisi wakil gubernur, nama Imron Rosyadi menempati urutan pertama dengan 19,3 persen. Di urutan kedua, Ferry Ramli dengan 14,5 persen, lalu Rosjonsyah Syahili 9,3 persen. Ada nama Muslihan Diding dengan 7,7 persen, Dedy Ermansyah 5,6 persen, Anarulita 4,3 persen dan Izda Putra 2,1 persen.

Siapapun Wakil, Masih Unggul
Masih dari survei Fixpoll Indonesia, ketika figur disandingkan antara kandidat gubernur dan wakil gubernur, Agusrin ketika disandingkan dengan kandidat wakil gubernur manapun, masih menempati urutan teratas.

“Simulasi 3 pasangan kandidat seandainya pemilihan langsung Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang dipilih? Agusrin – Imron mendapat 27,8 persen, unggul dari Rohidin – Ferry dengan 21,2 persen. Sementara Helmi – Muslihan 19,7 persen,” ungkap Anas.

Jika dipasangkan dengan figur lain, sosok Agusrin tetap unggul. Agusrin – Izda dengan 25,4 persen, Rohidin – Rosjonsyah 22,3 persen, dan Helmi – Muslihan 21,2 persen.

Yang menarik, jika hanya 2 pasangan kandidat, Helmi yang disanding dengan Muslihan unggul dengan 28,8 persen dari Rohidin – Ferry dengan 23,1 persen. Begitu juga, Helmi – Muslihan mendapat 28,2 persen dibanding Rohidin – Rosjonsyah dengan 24,1 persen.

“Sementara Agusrin jika dipasang dengan Imron, unggul 41,2 persen dari pasangan kandidat Rohidin – Ferry dengan 25,7 persen. Sementara Agusrin – Izda unggul 40,3 persen dibanding Rohidin – Rosjonsyah dengan 26,1 persen,” tukas Anas.

Saksikan wawancara langsung bersama Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia, M Anas RA di Channel BDTV Cacam Nian.(IAL/APA)