Beritakan Dugaan KPU Terima Suap Rp 10 M, Media Minta Maaf ke KPU

Mediasi di Kantor KPU Provinsi Bengkulu

BencoolenTimes.com, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi sebelumnya melaporkan media online Rindangnews.com ke Polda Bengkulu karena dianggap merugikan KPU secara kelembagaan atas pemberitaan yang ditayangkan pada, 13 Oktober 2020

yang inti pemberitaannya KPU diduga menerima suap 10 miliar dari kandidat lain untuk menetapkan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Gubernur dan Wakil Gunernur Bengkulu Agusrin M Najamudin-Imron Rosyadi Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Mengenai polemik yang terjadi antara kedua belah pihak tersebut, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu
memfasilitasi Pemimpin Redaksi Rindangnews.com dengan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu untuk mediasi terkait pemberitaan tersebut.

Mediasi dilakukan di ruang Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, yang dihadiri Ketua SMSI Bengkulu Wibowo Susilo, A Yamin SH Kuasa Hukum KPU Provinsi Bengkulu, Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah, Pemimpin Redaksi Rindangnews.com Rindang Arga Putra dan rekannya, Rinto, Kamis (15/10/2020).

Ketua SMSI Bengkulu Wibowo Susilo dalam mediasi mengatakan, Rindangnews.com merupakan media siber yang tergabung di SMSI Bengkulu sekitar 3 bulan lalu.

Adapun terkait peran SMSI, Wibowo mengatakan, selaku Ketua dirinya bersifat memberikan saran pendapat kepada pemimpin media Rindangnews.com terkait pemberitaan terhadap KPU Provinsi Bengkulu. Dalam saran dan pendapatnya, Wibowo mengatakan agar Rindangnews.com meminta maaf secara lisan dan tertulis kepada KPU Provinsi Bengkulu.

“Alhamdulillah, saran dan pendapat kami selaku pengurus didengar dan dilaksanakan oleh Rindangnews.com, dan terjadilah pertemuan hari ini dengan penuh ketulusan dan kekeluargaan, kami secara lembaga SMSI juga menyampaikan mohon maaf atas pemberitaan Rindangnews.com yang merugikan nama baik KPU Provinsi Bengkulu, Pemimpin Redaksi Rindangnews.com juga sudah menyampaikan permohonan maaf secara lisan dan tertulis kepada KPU Provinsi Bengkulu. Secara pribadi, karena hari ini yang hadir 2 komisioner yakni Bung Irwan Saputra dan Bung Darlinsyah, keduanya secara pribadi sudah memaafkan, namun secara kelembagaan akan dirapatkan terlebih dahulu,” kata Wibowo Susilo.

Sementara, Kuasa Hukum KPU Provinsi Bengkulu A. Yamin mengapresiasi SMSI dan pemimpin redaksi Rindangnews.com yang telah dengan penuh kesadaran hadir secara langsung untuk menyampaikan permohonan maaf kepada KPU Provinsi Bengkulu.

Hal senada disampaikan Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra dan Darlinsyah, keduanya secara pribadi menerima permohonan maaf dari Rindangnews.com.

“Dengan ini menyatakan meminta maaf kepada Lembaga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu terkait pemberitaan di media saya “RINDANGNEWS.COM” pada Selasa 13 Oktober 2020, dengan judul “Dugaan Kpu Prov Bengkulu Terima Suap 10 M Dari Kandidat Untuk TMS Kan Pasangan Agusrin Imron?”,” demikian kutipan dari surat permohonan maaf dan surat pernyataan dari Pemimpin Redaksi Rindangnews.com yang ditandatangani diatas materai 6000 oleh Rindang Arga Putra selaku Pemimpin Redaksi Rindangnews.com, yang ditujukan kepada KPU Provinsi Bengkulu. (Bay)