Home Hukum DKPP Segera Sidangkan Gugatan Ujang-Firdaus di Bawaslu Bengkulu

DKPP Segera Sidangkan Gugatan Ujang-Firdaus di Bawaslu Bengkulu

Nasarudin, Kuasa Hukum Ujang-Firdaus

BencoolenTimes.com, – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan segera menyidangkan gugatan yang disampaikan Ujang Syarifudin-Firdaus Djailani terkait dugaan cacat administrasi verifikasi penetapan persyaratan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepahiang Hidayatullah-Zurdinata yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang.

Nasarusin Kuasa Hukum Ujang-Firdaus mengatakan, pihaknya telah menerima undangan agenda persidangan gugatan tersebut. Agenda sidang yakni pada 16 April 2021 mendatang dan proses persidangannya akan dilaksanakan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu.

“Kalau agenda tidak berubah lagi kabarnya DKPP langsung yang akan turun ke Bawaslu Provinsi Bengkulu. Tentu kami sebagai pengadu dalam hal ini penerima kuasa sangat berharap agar persoalan terkait dengan kode etik profesi terhadap KPU Kepahiang, bersama-sama nanti kita selesaikan di peradilan DKPP. Tentu harapan kami sebagaimana dalam pengaduan kami terhadap objek-objek yang kami maksud yakni terkait verifikasi terhadap syarat-syarat pencalonan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang, dalam hal ini Wakil Bupati terpilih nomor 2 atasnama Zurdinata,” kata Nasarudin, Rabu (7/4/2021).

Nasarudin mengungkapkan, dalam laporan ke DKPP sebelumnya telah disampaikan bukti-bukti yakni Ijazah SD, SMP dan SMA dan STTB surat pengganti ijazah yang menurutnya perlu adanya verifikasi langsung dari DKPP yang berkaitan dengan kinerja KPU Kepahiang.

“Koordinasi kami terakhir, apabila ada bukti tambahan, kami juga dipersilahkan untuk melampirkannya dalam persidangan. Agenda sidang nanti itu mendengarkan keterangan dari pengadu dalam hal ini Ujang-Firdaus yang dikuasakan kepada kami, agenda tersebut menghadirkan saksi dan bukti-bukti tertulis dan kami sudah siap menghadirkan saksi-saksi serta bukti-bukti. Saksi akan kita hadirkan tiga orang,” jelas Nasarudin.

Patimah Siregar Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu

Terpisah, Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu Patimah Siregar membenarkan ada laporan masuk ke DKPP terkait KPU Kabupaten Kepahiang yang laprorannya telah teregister dengan nomor 115 DKPP dan sidang DKKP akan dilaksanakan di Bengkulu.

“Melihat DKPP akan hadir sidang kemungkinan dilakukan offline tapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” ungkap Patimah Siregar.

Patimah Siregar mengungkapkan, belum ada pemberitahuan resmi karena biasanya pemberitahuan resmi itu dua hari menjelang sidang, namun berdasarkan koordinasi itu sudah ada akan dilaksanakan sidang di Bengkulu karena registernya juga sudah ada. Dalam hal ini teradunya adalah seluruh anggota KPU Kepahiang dan pengadunya calon kepala daerah 2020 lalu yakni Ujang-Firdaus.

“Kita belum jauh sampai ke delik, tapi biasanya kalau DKPP ini adalah etika penyelenggara, pertama apakah penyelenggara itu profesional atau tidak, kemudian apakah penyelenggara dalam hal ini KPU Kepahiang diadukan apakah tidak profesional, atau tidak berintegritas, apakah kinerjanya tidak teliti kaitannya juga dengan profesional itu, ini etika penyelenggara,” jelas Patimah Siregar. (Bay)