asd
Saturday, July 20, 2024
spot_img

 Usin Harapkan Warga Kelola Sampah Jadi Pupuk

BencoolenTimes.com, – Sampah menjadi perhatian serius Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Kota Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring SH.

Pada Minggu, (18/6/2023), Usin hadir membersamai pada pelatihan pilah, pilih dan kelola sampah rumah tangga di Kelurahan Kebun Geran Kecamatan Ratu Samban.

Usin menjelaskan, tujuan pelatihan ini untuk mendorong pengelolaan sampah dilakukan dari rumah tangga sehingga tidak berakhir sampai ke TPA.

“Pengelolaan sampah organik maupun sampah non organik hingga konsep Zero Wise bisa terwujud,” ujar Usin.

Usin bagikan bibit pisang cavendis ke warga

Usin menegaskan, target tahun 2023 ini, dari penyadaran ke masyarakat di Kota Bengkulu bisa mendirikan bank sampah unit yang mengelola ditingkat RT ataupun kelurahan.

“Program ini merupakan program lanjutan dan pengembangan wilayah dari tahun sebelumnya dan antusiasme kader-kader ini tidak terlepas dari banyaknya teman-teman aktivis, akademis, relawan lingkungan yang terus menerus ikut mendampingi dan melatih,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Usin juga memberikan bantuan bibit pisang, mereka bilang ini pisang bang usin alias pisang cavendis.

“Saya membagikan bibit ini untuk memberikan kesadaran kita menanam di pekarangan dalam penguatan ketahanan pangan sekaligus memanfaatkan hasil pengelolaan limbah sampah organik kompos sebagai pupuk dan airlindi sebagai POC,” bebernya.

Lanjutnya, dengan begitu siklus program terus berjalan dan mereka perlahan akan mengetahui bagaimana nikmatnya buah-buahan organik tanpa pupuk kimia hasil buatan sendiri.

“Begitulah seharusnya membangun siklus program dalam lingkungan hidup berkelanjutan,” pungkasnya. (Adv)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!