Home Hukum KPU Masih Lakukan Coklit

KPU Masih Lakukan Coklit

BencoolenTimes.com, – Dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Provinsi Bengkulu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu saat ini masih melakukan proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra saat diwawancarai, Kamis (6/8/2020) menjelaskan, beberapa tahapan Pilkada yang sudah dilewati KPU Provinsi Bengkulu salah satunya penganggaran yang hampir 100 persen sudah selesai di transfer oleh masing-masing daerah termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu yang sudah 100 persen mentransfer ke KPU Provinsi. Kemudian tahapan pembentukan badan penyelenggara meskipun tahapannya panjang karena harus dilakukan proses protokol kesehatan seperti rapid tes itu sudah dilakukan semua. Sedangkan tahapan yang sedang berjalan saat ini adalah tahapan Coklit yang merupakan bagian dari pemuktahiran data pemilih.

“Setelah KPU melakukan sinkronisasi pencocokan antara data pemilih terakhir 2019 lalu, kita cocokkan dan kita sinkronkan lagi dengan data pemilih yang diserahkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), seperti pemilih baru, pemilih pemula dan penduduk yang sudah punya E-KTP itu di Sinkronkan, kemudian dituangkan ke Model A yang saat ini sedang dilakukan pengujian atau pencocokan oleh petugas kita dari rumah ke rumah, untuk memastikan data Model A yang kita miliki sesuai dengan fakta dilapangan,” kata Irwan Saputra.

Irwan Saputra menuturkan, jika data tidak sesuai fakta dilapangan maka KPU akan melakukan perbaikan selama tahapan Coklit. Misalnya ada beda data yang disebabkan warga itu sudah pindah, berubah status, ganda maka itu yang dilakukan perbaikan sampai tanggal 13 Agustus 2020.

“Nanti setelah itu akan direkap dari mulai tingkat Desa atau Kelurahan sampai di tingkat Provinsi baru nanti ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara di bulan Oktober dan pada bulah September-nya akan ditetapkan jadi Daftar Pemilih Tetap,” tutur Irwan Saputra. (Bay)