Polisi Belum Dapat Akses untuk Selidiki Kaburnya 4 Anak Binaan LPKA Bengkulu

AKP. Chusnul Qomar.

BencoolenTimes.com, – Pihak Kepolisian belum mendapatkan akses dari Lembaga Permasyarakat Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bengkulu maupun dari Kantor Wilayan (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bengkulu untuk melakukan penyelidikan mengenai kasus kaburnya 4 anak binaan LPKA Bengkulu pada 26 Juli 2021 lalu.

Kapolsek Muara Bangkahulu, AKP Chusnul Qomar mengatakan, penyelidikan penyebab kaburnya 4 anak binaan belum dilaksanakan oleh pihak Kepolisian, karena belum mendapatkan akses maupun petujuk, baik dari LPKA sediri maupun Kanwil Kemenkumham Bengkulu.

Maka, pihaknya belum melakukan penyelidikan baik itu terhadap para sipir maupun terhadap 4 anak binaan yang melarikan diri tersebut. Penyelidikan guna mencari titik terang penyebab kaburnya 4 anak didik LPKA Bengkulu, apakah murni kelalaian petugas atau ada unsur lain.

“Untuk kelanjutannya, dari pihak kepolisian bisa saja, terkait mau dilanjutkan atau tidak untuk diselidiki tergantung sama bu Ika (Kadivpas Bengkulu),” kata Chusnul, saat dikonfirmasi, Jumat (30/7/2021).

Chusnul menegaskan, pihaknya siap menyelidiki penyebab kaburnya 4 anak binaan LPKA Bengkulu. Apabila mendapat rekomendasi untuk menyelidikinya.

“Sampai sekarang belum ada, karena belum ada petunjuk baik dari pihak Kanwil Kemenkumhan maupun LPKA. Dan kalau mereka ingin diselidiki terkait siapa yang salah atau ada kelalaian dari petugas itu tergantung dari bu Ika kalau kita siap,” tegasnya.

Untuk diketahui, dari 4 anak binaan yang kabur, 3 orang sudah berhasil diembalikan ke LPKA, sedangkan 1 orang lagi masih dicari. Kasus kaburnya binaan LPKA Bengkulu ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, hal serupa sudah pernah terjadi. Sehingga , kejadian ini merupakan yang kedua kalinya.(PPJ)