Si Jenggot, Perpaduan Antara Bung Karno, Hatta dan Syahrir

H. Helmi Hasan, SE

Posturnya tidak tinggi. Kira-kira setinggi Mohammad Hatta atau Syahrir. Wapres pertama dan Perdana Menteri pertama Republik Indonesia itu memang pendek. Ngomongnya selalu bersemangat dan penuh motivasi bagi siapa saja yang mendengarnya. Selalu optimis. Pandangannya jauh kedepan.

Perhatiannya yang utama tertuju pada urusan rakyat. Meski bukan seorang ustad, tapi perhatiannya terhadap agama sangat besar. Di mana-mana dia selalu mengajak untuk memakmurkan masjid. Dia adalah H. Helmi Hasan, SE, Walikota Bengkulu 2013 – 2018 dan 2018 – 2023.

Sebagaimana Hatta, Helmi Hasan, dikenal religius. Seperti Syahrir, Helmi juga pandai berdiplomasi. Orang menyebutnya orator ulung. Melihatnya berpidato, orang akan terpukau. Sepintas seperti Bung Karno sang proklamator.

Bukan sekedar retorika, Helmi membuktikan dengan bekerja. Program-programnnya membumi. Program jalan mulus, contohnya, sangat dirasakan manfaatnya. Sampai gang-gang kecil dihotmix.

Begitu juga bantuan modal usaha satu miliar satu kelurahan atau dikenal Samisake. Program 1 Kelurahan 1 Ambulance juga membumi, manfaatnya tak hanya warga Kota saja yang merasakan tapi juga warga Kabupaten.

Bahkan warga yang berdomisili di Kota saat sakit di Kota Bengkulu lalu ingin pulang ke kampung halaman luar Provinsi Bengkulu seperti belum lama ini di Medan warga itu diantar hingga depan rumah tanpa mengeluarkan biaya.

Program Baznas untuk membantu warga kurang mampu atau terkena musibah, manfaatnya sangat dirasakan masyarakat Kota Bengkulu, melalui Baznas ini masyarakat kurang mampu rumahnya dibedah supaya layak huni, warga sakit kurang mampu yang dirawat di Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) Kota Bengkulu mengalami kendala biaya langsung bantu, bahkan ada yang di gratiskan.

Program Gerakan Peduli Yatim Helmi yang menarik perhatian, dimana seluruh anak yatim di Kota Bengkulu diangkat anak oleh pejabat Kota Bengkulu, setiap bulan diberi santunan dan motivasi agar memiliki semangat meraih cita-cita.

Helmi Hasan lahir di Lampung Selatan 29 November 1979. Istrinya, bernama Khairunnisa, putri asli Bengkulu, tepatnya Kabupaten Seluma. Sejak kuliah di Universitas Bengkulu, Helmi menetap dan jadi orang Bengkulu.

Menolong orang seperti sudah menjadi kegemaran baginya. Helmi juga dijuluki sebagai Walikota 1001 janda, sepintas julukan ini aneh tapi memiliki manfaat besar bagi janda di Kota Bengkulu karena mereka setiap bulannya mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Bengkulu, begitu juga dengan lansia dan distabilitas.

Mungkin hanya di Kota Bengkulu mobil Dinas Walikota dan Wakil Walikota Sabtu dan Minggu untuk rakyat, Helmi Hasan menamainya program HD OTo, warga Kota bisa memakai mobil ini untuk nikahan sekaligus Rumah Dinas Walikota untuk rakyat, Sabtu-Minggu warga bisa menggunakan Rumah Dinas Walikota untuk akad nikah sekaligus malam pertama di Rumah Dinas, Helmi menamainya program HD Samawa, keren bukan?

Jika ditulis disini tak ada habisnya kebaikan-kebaikan Helmi Hasan untuk membahagiakan rakyatnya. Tapi tak sedikit kebagikan Helmi ini justru mendapat cibiran, tapi cibiran itu ia jadikan motivasi untuk membuktikan bahwa niatnya ikhlas menolong rakyat.

Meskipun programnya sukses, tak lantas membuatnya jumawa, Helmi justru selalu mengatakan ia tak bisa apa-apa.

“Helmi Hasan itu tidak bisa apa-apa, apa yang terjadi di Kota Bengkulu bukan karena Helmi Hasan Walikota tapi karena pertolongan Allah, tanpa pertolongan Allah semua itu tidak akan terjadi,” kata pemimpin yang dikenal religius ini.

Tulisan ini bukan maksud untuk memuji Helmi Hasan tapi ini nyata adanya. Kebaikan yang sudah dibuat ini akan di perluas oleh Helmi supaya idak hanya warga Kota saja yang merasakan tapi juga masyarakat se Provinsi Bengkulu.

Oleh karena itu dengan niat tulus serta dorongan masyarakat dan para tokoh Helmi Hasan memantapkan diri nyalon sebagai Gubernur Bengkulu berpasangan dengan Muslihan Diding Soetrisno. KPU juga telah menetapkan Helmi-Muslihan sebagai Paslon nomor urut 1.

Paslon ini membawa 20 program kunci bahagia untuk masyarakat Bengkulu, munculnya program ini adalah hasil blusukan Helmi-Muslihan disetiap desa yang ada di Provinsi Bengkulu. Sehingga dengan 20 program yang digagas ini persoalan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat dapat terjawab.

Pak jenggot dan pak kumis, itulah julukan Paslon yang memiliki ciri khas masing-masing, Helmi Hasan dengan jenggotnya dan Mulihan dengan kumisnya.

20 kunci bahagia yang digagas disambut antusias warga setiap Paslon ini blusukan di pelosok desa, masyarakat selalu mengungkapkan mereka hanya ingin perubahan, dan perubahan itu melalui program Helmi-Muslihan. Dukungan untuk Paslon ini seperti tak terbendung, dukungan datang dari berbagai kalangan, mulai kaum milenial, masyarakat bawah, hingga emak-emak.

Saking antusiasnya, nyanyian Helmi Hasan Gubernur pun buming hingga pelosok desa.

“Nomor satu Helmi Hasan, Gubernurku Helmi Hasan yang jenggotan Helmi Hasan, ayo joblos nomor satu,” begitulah nyanyian warga menggema disetiap kampanye Helmi Hasan.

Masyarakat menilai 20 kunci bahagia Helmi Hasan adalah paket komplit dan pro rakyat oleh karena itu tak sedikit masyarakat berikrar siap mendukung dan memenangkan Helmi Hasan dan Muslihan. (Bay)

20 Program Kunci Bahagia untuk masyarakat ala Helmi-Muslihan. APBD untuk Rakyat. InsyaAllah

1. 100 persen jalan provinsi mulus
2. 100 ribu hektare lahan produktif serta irigasi, handtraktor, bibit, pupuk, sertifikat gratis, hasil panen dibeli
3. 100 ribu ekor sapi, kerbau, kambing
4. 100 ribu lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan dan keselamatan buruh, pekerja, PTT, dan ASN
5. 1 desa 1 ambulans
6. 1 desa 1 hafiz Alquran
7. Beasiswa dan seragam sekolah gratis
8. HM Samawa, peduli anak yatim, lansia, disabilitas, dan para janda
9. Terwujudnya transportasi udara antar kabupaten/kota
10. Tersedianya air bersih, lampu jalan, sarana olahraga, seni budaya, dan wifi gratis di setiap desa
11. Pabrik pengolahan hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan
12. Bantuan kapal dan alat tangkap nelayan
13. Balai Raya dan mobil dinas Sabtu Minggu untuk rakyat
14. RasMie terenak di dunia
15. Berdirinya mini hospital di setiap kecamatan
16. Menyediakan penginapan gratis bagi keluarga pasien dari desa di Rumah Sakit M Yunus Bengkulu
17. Terwujudnya pelayanan rumah sakit terbaik di dunia
18. Program bedah rumah HM Bahagia
19. Rumah ibadah makmur 24 jam
20. Haji dan Umrah gratis

Menuju Bengkulu Religius dan Bahagia
Helmi Hasan-Muslihan Diding Soetrisno